Sukses

Gelar Internship, Desainer Leny Rafael Siap Cetak Entrepreneur Muda

Sejak tujuh tahun lalu, desainer Leny Rafael sudah menerima pelajar dan mahasiswa internship, alias magang.

Liputan6.com, Jakarta - Kesibukan sebagai seorang fashion designer, ternyata tidak menghalangi Leny Rafael untuk berbagi ilmu dan keterampilan. Ia mendedikasikan diri sebagai coaching bagi 55 peserta internship dari beberapa SMK dan Perguruan Tinggi.

Founder Leny Rafael Corp ini mengaku senang berinteraksi dan berbagi ilmu. Sejak tujuh tahun lalu, Leny Rafael Corp yang berada di kawasan Bintara, Bekasi sudah menerima pelajar dan mahasiswa internship, alias magang. Pesertanya tidak hanya dari Jabodetabek, pernah ada yang datang dari Serang, Subang, bahkan Padang.

“Awalnya saya kerjasama dengan beberapa SMK. Pihak sekolah mengirimkan beberapa siswa jurusan tata busana untuk magang, atau internship di sini. Tahun berikutnya, menerima mahasiswi dari Universitas Negeri Padang. Sekarang, program internship itu saya kembangkan lebih baik lagi dengan banyak jurusan pendidikan,” papar Leny Rafael yang baru saja menggelar event nasional Pelangi Wastra Indonesia.

Dibantu beberapa karyawannya, perancang busana yang mengawali karirnya dengan rancangan busana pengantin ini membuka beberapa divisi internship yang memiliki keterkaitan dengan dunia fashion terkini, berikut keterampilan mengelola bisnis fashion.

“Saya berharap, ‘goals’ dari program internship ini, para peserta bisa mandiri dengan mengaplikasikan apa yang mereka dapat di sini. Mereka bisa bersaing di dunia kerja, atau menjadi enterpreneur muda bidang fashion.  Untuk itu, saya siapkan beberapa divisi seperti design, produksi, visual merchandise fashion stylish, multimedia, akutansi perkantoran, marketing, IT dan riset,” ungkap Leny Rafael.

Durasi internship di Leny Rafael Corp berlangsung selama enam bulan. Mengawali tahun 2022, ada 55 peserta dari beberapa SMK dan dua Perguruan Tinggi. Kelompok yang disebut Batch 1 ini pernah sukses mendukung event “The Heritage Indonesia” yang digelar komunitas Pelangi Wastra Indonesia pada 24 Januari lalu.

“Di program internship ini menomor satukan team work. Setiap project yang dikerjakan pasti melibatkan semua divisi. Bahkan mereka sudah mampu mensupport event besar seperti yang dilakukan Pelangi Wastra Indonesia itu,” kata Leny Rafael bangga.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengikuti Perubahan

Meskipun sebagian besar waktunya tersita untuk menjadi coaching program internship, namun Leny Rafael sangat menikmati setiap moment bersama ‘anak didik’nya. “Saya ini termasuk orang yang suka berinteraksi. Jadi saya senang bisa berada diantara mereka. Dan yang terpenting, saya suka sharing knowledge,” jelasnya.

Leny sangat paham dinamika dunia fashion yang terus berkembang mengikuti perubahan peradaban dan teknologi. Dia menekankan kepada peserta internship untuk selalu berkreasi dengan ide-ide “out of the box”.

“Agar mereka nyaman, saya memposisikan diri sebagi teman. Dengan demikian, mereka tidak canggung dan berani menyampaikan ide dan gagasan yang ‘gila’sekalipun. Bersaing di dunia kreasi, terkadang membutuhkan keberanian untuk menciptakan sesuatu yang tidak biasa,” ujar wanita yang nyaman dipanggil Kak Leny oleh siswanya ini.

Puluhan peserta internship Batch 1 ini berasal dari beberapa SMK diantaranya SMK 1 Bekasi, SMK 24 Jakarta, SMK 27 Jakarta, SMK 70 Jakarta, SMK 33 Jakarta. Selain itu ada juga beberapa mahasiswa dari Politeknik Media Kreatif dan Universitas Negeri Jakarta.

Nantinya, setiap batch diberi nama berbeda, Batch 1 ini bernama “Millioner Leny Rafael Team”. Menurut Leny Rafael, nama itu ibarat doa dan harapan. Mereka adalah generasi muda kreatif dengan ide “out of the box” diharapkan menjadi orang-orang sukses dengan penghasilan tinggi.

3 dari 4 halaman

Banyak Pengetahuan

Najwa Malatifa, siswi SMK 70 Jakarta mengaku mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman yang tidak didapatkan selama di sekolah. Apalagi selama ini dirinya lebih banyak belajar online dibanding tatap muka.

“Saya terkesan dengan cara mengajar Kak Leny yang ramah dan menganggap kami sebagai teman sehingga kami lebih nyaman. Selain itu, team work di sini sangat baik. Kita saling mendukung dan semuanya pasti terlibat dalam setiap project,” ujar Najwa.

Kesan serupa juga dirasakan Cindy Rahayu, Mahasiswa Politeknik Media Kreatif Jakarta. Selain suasana kekeluargaan, dia merasa beruntung menjadi peserta internship di Leny Rafel Corp karena mendapat banyak pengalaman berharga.

“Kak Leny membina kami dengan baik. Banyak pengalaman baru yang saya rasakan. Internship di sini bukan sekedar ingin mendapatkan nilai saja, namun kita juga diajarkan attitude dan kiat-kiat sukses menjadi enterpreneur,” kata Cindy.

Satu hal yang mungkin tidak dilakukan perusahaan lain, Leny Rafael Corp akan menggelar acara ‘wisuda’ bagi para pesertanya. Di acara tersebut, selain penyerahan sertifikat, akan ada seremoni kelulusan

4 dari 4 halaman

Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.