Sukses

Atraksi Unik Warung Makan di Jakarta, Wajan Dilempar Usai Masak Tengkleng

Liputan6.com, Jakarta - Tengkleng dan tongseng merupakan olahan kambing yang memiliki banyak penggemar. Kedua makanan tersebut biasanya dimasak dengan bumbu kaya rempah, di atas kompor arang sehingga membuat aromanya begitu menggoda.

Sebuah kedai tengkleng dan tongseng yang cukup terkenal, yaitu Sate Kambing Pak Manto di Bintaro, Jakarta Selatan, punya cara yang tak biasa dalam memasaknya. Mereka menggunakan wajan khusus dengan pegangan kayu untuk memasak satu porsi tengkleng atau tongseng. Kompor arangnya disusun berjejer. 

Setelah memasak makanan di wajan, bukan dicuci atau dirapikan, wajan tersebut malah " dibuang". Pekerja yang memasaknya, melempar begitu saja wajan-wajan setelah memasak.

Atraksi ini pun viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Tiktok @letseatkuy. Video tersebut kemudian dibagikan ulang oleh akun Instagram resmi Sate Kambing Pak Manto. "Gaes restoran ini nggak rugi ya? Sekali masak satu wajan?" tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

"Wah ini sultan banget yang punya warung makannya, masak sekali pakai langsung dibuang," lanjutnya. Dari video tampak wajan-wajan dilempar ke sebuah drum besar. Wadah itu ternyata merupakan penampungan sementara wajan sebelum dicuci.

Pertanyaan warganet tentang apakah wajan-wajan itu benar-benar dibuang atau tidak, akhirnya bisa terjawab. Semua wajan yang sudah sekali dipakai ternyata dikumpulkan lebih dulu sebelum dicuci dan kemudian digunakan lagi.

Aksi melempar wajan itu tentu bisa dilakukan karena mereka punya banyak stok wajan. Atraksi lempar wajan ini pun jadi daya tarik tersendiri di kedai Tengkleng asli Solo, Jawa Tengah itu. Namun, aksi unik tersebut hanya dilakukan di cabang mereka di Jalan RC Veteran, Bintaro, Jakarta Selatan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Porsinya Banyak

Selain aksinya yang unik, porsi makanan di kedai tersebut menurut pemilik akun @letseatkuy, juga termasuk banyak.  "Warung makan ini gak rugi apa? 🤔🤔 IGANYA BANYAK BGT!!" tulisnya. 

Ia menambahkan, dagingnya juga empuk dan enak, kuahnya juga terasa gurih terutama menu Tengkleng Rica-Rica. "Ruangannya juga cukup besar. Tempat makannya memang di dalam ruamgan supaya nggak kena asap saat bakar daging atau sate," tulisnya lagi.

Video ini mampu menarik banyak perhatian warganet. Sebagian besar penasaran ingin mencoba dan datang langsung ke warung makan tersebut.

"Kalian nelen ludah gak sih gaes lihat ini," komentar seorang warganet.  Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 3,1 juta kali dan disukai lebih dari 112 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Kuliner Legendaris Solo

Sate Kambing Pak Manto merupakan kuliner legendaris di Kota Solo. Kalau Anda ingin menikmati olahan kambing selama di sini, masyarakat Kota Solo bakal merekomendasikan tempat makan ini apalagi lokasinya strategis.

Tengkleng yang ditawarkan di sini berupa tengkleng rica-rica dan tengkleng segar. Selain memiliki rasa yang unik dan enak, isiannya pun melimpah sehingga bisa berbagi bersama keluarga atau teman.

Menariknya, selama menikmati olahan kambing di sini, kamu bakal dimanjakan oleh alunan musik kroncong yang menambah semangat nafsu makan.  Selain tengkleng dan tongseng, menu lainnya ada satai kambing, nasi goreng, nasi godog, sate buntel, garang masak, sosis Solo dan lain-lain.

Soto Kambing Pak Manto juga punya cabang di daerah lain. Selain di Jakarta, mereka juga punya cabang di Jogja, Semarang, Surabaya dan Bogor.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19