Sukses

Bikin Gorengan di Apartemen, Pria Indonesia di Jerman Diprotes Tetangga

Liputan6.com, Jakarta - Aneka gorengan seperti bakwan, pisang atau tahu goreng termasuk makanan atau camilan yang sangat populer di Indonesia. Tapi bagaimana dengan orang Indonesia yang tinggal di luar negeri seperti di Jerman.

Seorang pria Indonesia yang membuat gorengan saat tinggal di Jerman menjadi viral di media sosial. Momen tersebut diunggah oleh akun TikTok @/alexandrmathhew, pada 10 Januari 2022.

Ia terlihat sedang membuat gorengan di panci. "Berdasarkan kejadian asli," tulisnya sebagai keterangan unggahan video tersebut. Dalam video, pria bernama Matthew ini membagikan pengalamannya saat membuat gorengan.

"Masak gorengan di Jerman be like," tulisnya dalam video tersebut. Tampak sebuah panci yang sudah dipenuhi dengan minyak goreng.

Panci itu sudah diletakkan di atas kompor dengan api yang cukup besar. Ia terlihat menuangkan tepung ke dalam minyak goreng yang sudah panas itu.

Tak lama kemudian, minyak itu terlihat meletup-letup dan asap membumbung ke atas. "Buset gais sampai berasap gais. Gapapa lah ya," ucapnya saat melihat gorengannya itu berasap.

Namun setelah itu pria ini menjadi panik. Hal itu lantaran alarm deteksi asap di ruangannya berbunyi karena asap dari gorengannya tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Smoke Detector

"1 menit kemudian. Panik. Pusing. Smoke detector bunyi," tulisnya dalam video sambil menunjukkan ekspresi panik.  Smoke detector yang ada di langit-langit tempat tinggalnya tersebut terus berbunyi dan lampunya menyala merah.

Menurut pengakuannya, ia juga dimarahi oleh tetangga gara-gara kejadian itu. "Dimarahi tetangga," tulisnya sambil memegang kepalanya.

Sampai berita ini ditulis, video tersebut sudah ditonton lebih dari 2 juta kali dan disukai lebih dari 165 ribu kali.  Tak sedikit warganet yang salah fokus dengan minyak satu panci yang digunakan pria ini untuk menggoreng.

3 dari 4 halaman

Terlalu Panas

"Tu pake api kecil aja, kalo kegedean apinya jadi minyaknya puanas makanya berasap," komentar seorang warganet. "Gorengnya cuma 2 biji minyaknya sepanci. Mak gw auto ngomel kalo liat gw begitu wkwk," timpal warganet lainnya.

"Haha jadi inget kata dosen profesor gue, di sana masak terasi aja sampe disamperin polisi, emang paling enak di Indo dah," tulis warganet lainnya.

Menurut penjelasannya, ia lupa jika minyaknya terlalu panas dan api terlalu besar sehingga alarm tersebut berbunyi.  Matthew juga menjelaskan bahwa minyak satu panci itu bekas menggoreng ayam.

Ia menuangkan banyak minyak supaya ayamnya tercelup semuanya. "Oke sedikit penjelasan. Jadi memang ini pernah kejadian karena lupa kalau terlalu panas dan alarm bunyi. Kebetulan di tempatku ga ada exhaust," jelasnya di kolom komentar.

4 dari 4 halaman

7 Penyebab Sampah Makanan