Sukses

Cara Menyuburkan Rambut Tanpa Transplantasi

Liputan6.com, Jakarta - Rambut adalah mahkota. Ungkapan itu menandakan bahwa rambut mempunyai fungsi yang sangat penting bagi orang, termasuk dengan cara transplantasi rambut.

Namun, banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk menyuburkan rambut tanpa melalui transplantasi. Rambut terbuat dari keratin, protein khusus yang diproduksi dalam akar rambut atau folikel.

Setiap kali folikel memproduksi sel rambut yang baru, sel rambut yang lama akan terdorong keluar dari lapisan kulit kepala. Rambut yang saat ini di kepala sebenarnya kumpulan untaian sel keratin yang sudah mati.

Cara menumbuhkan rambut yang paling efektif adalah dengan memastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Melansir dari healthline, berikut cara menyuburkan rambut tanpa transplantasi.

1. Minyak Esensial Lavender

Minyak lavender dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Mengetahui bahwa minyak lavender memiliki sifat yang dapat menghasilkan pertumbuhan sel dan mengurangi stres.

Campurkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam tiga sendok makan minyak, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa cair, dan oleskan langsung ke kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan selama setidaknya 10 menit sebelum mencucinya dan keramas seperti biasa. Anda dapat melakukan ini beberapa kali per minggu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Minyak esensial peppermint

Minyak peppermint dapat menyebabkan rasa dingin dan kesemutan saat meningkatkan sirkulasi ke area yang dioleskan. Ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut selama fase anagen (atau tumbuh).

Campurkan dua tetes minyak esensial peppermint dengan minyak pembawa pilihan Anda. Pijat ke kulit kepala Anda, dan biarkan selama lima menit sebelum dicuci bersih dengan sampo dan kondisioner.

3. Minyak esensial rosemary

Jika Anda ingin meningkatkan ketebalan rambut dan pertumbuhan rambut, minyak rosemary adalah pilihan yang bagus berkat kemampuannya untuk meningkatkan pembentukan sel.

Campurkan beberapa tetes minyak rosemary dengan minyak zaitun atau kelapa, dan oleskan ke kulit kepala Anda. Biarkan selama setidaknya 10 menit sebelum mencucinya dengan sampo. Lakukan ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

3 dari 4 halaman

4. Minyak atsiri serai

Ketombe bisa menjadi penyakit umum, dan memiliki kulit kepala yang sehat dan bebas serpihan adalah bagian penting dari kesehatan rambut. Minyak serai adalah pengobatan ketombe yang efektif, dengan satu studi pada 2015 menemukan bahwa minyak sereh secara signifikan mengurangi ketombe setelah satu minggu.

Minyak serai untuk ketombe paling efektif bila digunakan setiap hari. Campurkan beberapa tetes ke dalam sampo atau kondisioner Anda setiap hari, dan pastikan itu dipijat ke kulit kepala Anda.

5. Minyak esensial kayu cedar

Minyak esensial cedarwood dianggap meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut dengan menyeimbangkan kelenjar penghasil minyak di kulit kepala. Ia juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri, yang dapat mengobati berbagai kondisi yang dapat menyebabkan ketombe atau rambut rontok.

Campurkan beberapa tetes minyak esensial cedarwood dengan dua sendok makan minyak pembawa pilihan Anda. Pijat ke kulit kepala Anda, dan biarkan selama 10 menit sebelum mencucinya.

6. Minyak esensial thyme

Thyme (bahan penyedap) dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang kulit kepala dan secara aktif mencegah kerontokan rambut. Seperti minyak kayu cedar, minyak thyme juga terbukti membantu dalam mengobati alopecia areata atau kebotakan.

Cara menggunakannya, masukkan hanya dua tetes kecil ke dalam dua sendok makan minyak pembawa sebelum mengoleskannya ke kulit kepala Anda. Biarkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi