Sukses

Kolaborasi dengan KBRI dan Diaspora Singapura Donasikan Oxygen Generator dan Kompresor untuk 12 RS

Liputan6.com, Jakarta - PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan terkemuka di Indonesia, serahkan donasi berupa 12 unit Oxygen Generator dan 12 Kompresor untuk pengisian tabung oksigen senilai Rp11.276.560.000 untuk 12 rumah sakit di Indonesia. Penyerahan pertama diberikan kepada RSUD Kabupaten Bekasi pada Jumat (17/12).

Donasi ini diberikan sebagai langkah antisipatif dalam mengatasi kelangkaan oksigen, terutama apabila terjadi kenaikan angka COVID-19, serta sebagai dukungan bagi rumah sakit yang membutuhkannya pasca pandemi. FajarPaper bekerja sama dengan KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura selaku penggagas program dan para donatur Oksigen untuk Indonesia, baik perusahaan maupun perorangan di Singapura.

Acara penyerahan donasi di RSUD Kabupaten Bekasi dihadiri secara langsung oleh Bupati Bekasi, Bapak K. H. Ahmad Marzuqi, S.E., dan dihadiri pula secara virtual oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto; Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin; Sekretaris Utama Kepala BNPB, Mayor Jenderal TNI Suharyanto; dan Aldi Haryopratomo selaku perwakilan Oxygen for Indonesia (Oxy4Id).

Donasi ini diserahkan secara simbolis oleh Yustinus Kusumah, selaku Direktur FajarPaper, kepada Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc. selaku Kepala Pusat Krisis Kesehatan yang memberikannya kepada K. H. Ahmad Marzuqi, S.E. selaku Bupati Kabupaten Bekasi dan diteruskan kepada Dr. H. Alamsyah, M.Kes. selaku Direktur RSUD Kabupaten Bekasi.

Duta Besar RI untuk Singapura, Bapak Suryopratomo, menyebutkan, “Di tengah berlangsungnya beban berat pandemi COVID-19 yang melanda dunia dan dampak negatif yang ditimbulkannya terhadap perekonomian dunia, pemerintah dan instansi terkait tetap harus bersiap dengan segala kemungkinan, termasuk kenaikan angka positif COVID-19.

Generator oksigen dan kompresor ini akan sangat membantu rumah sakit daerah dalam menyediakan suplai oksigen kepada pasien yang memerlukannya, baik di masa pandemi maupun setelah pandemi.”  Sementara Yustinus Kusumah selaku Direktur FajarPaper mengatakan, “Indonesia pernah mengalami krisis akibat lonjakan angka COVID-19 yang sangat drastis pada pertengahan 2021 yang salah satunya diakibatkan oleh ketidaksiapan fasilitas kesehatan, termasuk minimnya ketersediaan oksigen.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa, FajarPaper mendonasikan sejumlah 12 unit oxygen generator dan kompresor untuk 12 rumah sakit di Indonesia sebagai upaya antisipatif apabila terjadi peningkatan angka COVID-19 serta sebagai dukungan bagi rumah sakit yang membutuhkan pasca pandemi.”

“Kami sangat mengapresiasi PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Kedubes RI di Singapura, dan Diaspora Indonesia di Singapura atas kontribusinya memberikan oxygen generator dan kompresor kepada RSUD Kab. Bekasi, kata Direktur RSUD Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah, M.Kes.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bantuan Sembako

RSUD Kabupaten Bekasi merupakan RS pertama yang menerima donasi ini. Adapun ke-12 rumah sakit yang dipilih berdasarkan rujukan dari Kementerian Kesehatan adalah:

1. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi  2. Rumah Sakit Solok Selatan  3. Rumah Sakit Arga Makmur, Bengkulu Utara    4. Rumah Sakit Kaur, Riau  5. Rumah Sakit Pringsewu, Lampung  6. Rumah Sakit Sejiren Satason  7. Rumah Sakit Bangka Tengah           8. Rumah Sakit Palmatak  9. Rumah Sakit Tanjung Uban  10. Rumah Sakit DR RM Pratomo Rokan Hilir  11. Rumah Sakit Teluk Kuantan  12. Rumah Sakit Dr Esnawan Antariksa, Halim, Jakarta

Sepanjang tahun 2020 hingga 2021, dalam rangka mendukung pemerintah dan masyarakat mengatasi pandemi COVID-19, grup FajarPaper telah memberikan donasi sebesar Rp22.200.000.000 dengan rincian berupa 1 unit kendaraan Mobile Lab PCR senilai Rp6.500.000.000 kepada pemerintah melalui BNPB dan alat-alat kesehatan berupa masker KN95.

Ada juga masker non-medis dan APD medis senilai Rp8.700.000.000 kepada BNPB, Pemda Provinsi Jawa Timur, dan beberapa RS daerah. Selain itu, FajarPaper juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat melalui KLHK, Pemda Provinsi Jatim, dan beberapa instansi pemerintah daerah senilai Rp7.000.000.000 untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dalam menghadapi masa pandemi.

“Kami berharap donasi ini menjadi langkah tepat untuk mempersiapkan diri dengan fasilitas kesehatan yang memadai apabila terjadi kasus peningkatan pandemi COVID-19 maupun kebutuhan pasien pasca pandemi. Dengan demikian, Indonesia akan dapat memberikan penanganan kesehatan terbaik bagi masyarakat,” tutup Yustinus Kusumah.

3 dari 3 halaman

12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19