Sukses

Cerita di Balik Nama Kedua Buah Hati Gibran Rakabuming

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kerap membagikan beragam aktivitasnya di media sosial. Salah satunya ketika suami Selvi Ananda ini menghadiri kegiatan Santri Weekend di Pondok Ar-Raudhah.

Pada momen pertemuan ini, ada pula bincang-bincang mengenai makna di balik nama kedua buah hati Gibran, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Saat ditanya Habib Novel Alaydrus, putra sulung Presiden Joko Widodo ini menyebut nama kedua anaknya dari dirinya dan istri.

"Namanya anak-anak saya ya dari saya dan istri, Jan Ethes, Lembah, semuanya dari saya dan istri," kata Gibran dalam unggahan video di akun TikTok pribadi pada Senin, 22 November 2021.

Gibran melanjutkan, dirinya ingin nama-nama Jawa tidak terlupakan. Ia mencontohkan saat ini di sekolah-sekolah, tak ada nama-nama asli Jawa di dalam daftar nama.

"Kalau di daftar namanya itu, sudah endak ada nama-nama asli Jawa atau asli Solo, semua nama-nama modern," tambahnya.

Gibran Rakabuming melanjutkan, "Bukannya nama modern jelek, tapi jangan sampai ada anak yang namanya 'Slamet atau Bambang' malah dibully 'itu nama ndeso', jangan sampai seperti itu. Padahal nama-nama Jawa itu maknanya dalam."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jan Ethes

Gibran Rakabuming kembali menjelaskan arti di balik nama kedua buah hatinya. Nama anak sulungnya, Ethes, itu berarti cekatan atau gesit.

"Kalau Lembah Manah itu rendah hati, lembut. Maknanya dalam sekali dan itu nama-nama asli orang Jawa. Kalau Gibran sendiri singkatan dari gigih berani," jelas Gibran.

Jan Ethes Srinarendra kini telah berusia lima tahun. Cucu pertama Jokowi ini lahir pada 10 Maret 2016 di RS PKU Muhammadiyah, Solo.

3 dari 4 halaman

La Lembah Manah

Putri Gibran dan Selvi, La Lembah Manah lahir pada 15 November 2019. Lembah menjadi cucu ketiga Jokowi dan Iriana.

Lembah lahir melalui operasi sesar di RS PKU Muhammadiyah Solo. Gibran mengungkapkan makna Lembah Manah berarti rendah hati, sedangkan, La adalah singkatan dari Luwes anakku, lomo anakku.

Luwes dan lomo merupakan bahasa Jawa. Luwes bermakna fleksibel, cepat beradaptasi, dan lomo bermakna senang berbagi.

 
4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak