Sukses

CDC Geser 3 Negara Favorit Perjalanan di Eropa ke Tujuan Berisiko Tinggi Covid-19

Ada tiga negara yang masuk ke tujuan berisiko tinggi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menambahkan tiga negara Eropa populer dan tujuan pulau kecil yang indah ke dalam daftar tujuan perjalanan berisiko "sangat tinggi", pada hari Senin ketika gelombang Covid-19 baru terus melanda sebagian besar Eropa.

Empat destinasi yang dipindahkan ke Level 4, kategori risiko tertinggi, adalah Republik Ceko, Guernsey, Hungaria, dan Islandia. Dengan arsitektur hiasan dan budaya yang kaya, Republik Ceko dan Hongaria telah menjadi dua favorit perjalanan Eropa Tengah sejak jatuhnya Tirai Besi pada akhir abad ke-20. Islandia - "tanah api dan es" - adalah daya tarik besar di antara para petualang alam terbuka, dikutip dari CNN, Senin (22/11/2021).

Dan Guernsey kecil yang menawan itu berada di Selat Inggris tidak jauh dari pantai Prancis. Destinasi yang masuk dalam kategori Level 4 "Covid-19 Sangat Tinggi" CDC telah memiliki lebih dari 500 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir.

Orang harus menghindari bepergian ke lokasi yang ditunjuk dengan pemberitahuan "Level 4", CDC merekomendasikan. Siapa pun yang bepergian harus divaksinasi lengkap terlebih dahulu, saran agensi.

Sebelumnya, keempat destinasi tersebut masuk dalam kategori Level 3 risiko tinggi Covid-19. Dengan pindah ke Level 4, mereka bergabung dengan jajaran favorit perjalanan lainnya di Eropa dan di tempat lain. Mereka termasuk, Belgia, Belanda, Singapura, Turki, Kepulauan Virgin AS.

Secara keseluruhan, lebih dari 70 tujuan saat ini berada di Level 4. Kerajaan Inggris dan Kepulauan Virgin Britania Raya telah diajukan di Level 4 sejak 19 Juli. 2021

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Entri Baru Level 3

Kategori Level 3 -- yang berlaku untuk destinasi yang memiliki antara 100 dan 500 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir -- memiliki tiga pembaruan minggu ini, yaitu Bahama, Bolivia, dan Papua Nugini

Langkah itu sebenarnya merupakan kabar baik bagi Bahama, tujuan wisata yang bergantung pada pariwisata, dan Papua Nugini. Untuk Bolivia, yang dikenal dengan lanskap dunia lain, langkah tersebut menandakan peningkatan kasus seperti yang sebelumnya terdaftar di Level 2.

Ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan para pelancong di luar tingkat kejadian Covid-19 yang menonjol dalam pemberitahuan perjalanan CDC, menurut Analis Medis CNN Dr. Leana Wen. "Tingkat penularan adalah satu tonggak petunjuk. Yang lain adalah tindakan pencegahan apa yang diperlukan dan diikuti di tempat yang Anda tuju dan kemudian yang ketiga adalah apa yang Anda rencanakan setelah Anda berada di sana," kata Wen, seorang dokter darurat dan profesor kebijakan kesehatan dan manajemen di George Washington University Milken Institute School of Public Health.

"Apakah Anda berencana untuk mengunjungi banyak atraksi dan pergi ke bar dalam ruangan? Itu sangat berbeda dari Anda pergi ke suatu tempat di mana Anda berencana untuk berbaring di pantai sepanjang hari dan tidak berinteraksi dengan orang lain," kata Wen, yang juga penulis buku baru, "Lifelines: A Doctor's Journey in the Fight for Public Health." Yang terpenting, wisatawan harus divaksinasi, katanya.

Pembaruan di Level 2CDC memindahkan Maroko yang eksotis, di sudut barat laut Afrika, turun dari Level 3 ke Level 2.Destinasi yang menyandang predikat "Level 2: Covid-19 Sedang" telah mengalami 50 hingga 99 kasus Covid-19 per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir.

3 dari 4 halaman

Level 1

Dalam kategori tujuan "Level 1: Covid-19 Low", kurang dari 50 kasus baru per 100.000 penduduk telah dicatat selama 28 hari terakhir. Enam tujuan pindah ke Level 1 pada 15 November 2021 yaitu Gambia, India, Jepang,  Liberia, Mozambik, dan Pakistan.

Perpindahan India ke Level 1 sangat penting karena pernah berada dalam krisis yang mengerikan dengan Covid-19 pada musim semi yang lalu. Akhirnya, ada tujuan yang CDC memiliki risiko "tidak diketahui" karena kurangnya informasi. Pada 15 November 2021, daftar itu termasuk Madagaskar, Kamboja, Nikaragua, dan Makau.

Dalam panduan perjalanannya yang lebih luas, CDC telah merekomendasikan untuk menghindari semua perjalanan internasional sampai Anda divaksinasi penuh.

"Wisatawan yang divaksinasi penuh lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan dan menyebarkan Covid-19. Namun, perjalanan internasional menimbulkan risiko tambahan, dan bahkan pelancong yang divaksinasi lengkap mungkin berisiko lebih tinggi untuk mendapatkan dan mungkin menyebarkan beberapa varian Covid-19," kata badan tersebut.

Ingatlah bahwa daftar CDC diperbarui setiap minggu, dan situasi di negara mana pun dapat berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk dari minggu ke minggu.

4 dari 4 halaman

Infografis Covid-19 Varian Delta India Hantui Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.