Sukses

Studi: Kucing Dapat Melacak Kehadiran Tidak Terlihat Pemiliknya

Kucing yang tidak bergerak tercatat dapat melacak lokasi pemiliknya menggunakan isyarat audio.

Liputan6.com, Jakarta - Sementara Anda membungkuk, bahkan tengkurap untuk menemukan tempat persembunyian baru kucing Anda, mereka justru bisa melacak "kehadiran tidak terlihat pemiliknya." Jadi, tanpa melihat langsung, kucing-kucing ini bisa tahu persis di mana Anda berada.

Melansir CNN, Selasa, 16 November 2021, studi baru di Jepang menemukan bahwa kucing yang tidak bergerak dapat melacak lokasi pemiliknya menggunakan isyarat audio, khususnya suara pemiliknya. Saho Takagi, penulis utama studi, sekaligus mahasiswa doktoral di Universitas Kyoto, mengatakan ia selalu tertarik pada kemampuan pendengaran kucing.

Ia adalah penyuka kucing, tapi mengatakan bagian favoritnya adalah telinga hewan berkaki empat tersebut. Kucing memiliki telinga sensitif yang dapat bergerak ke berbagai arah.

"Saya melihat seekor kucing dengan hanya satu telinganya dimiringkan ke belakang, mendengarkan suara di belakangnya, dan merasa bahwa kucing pasti memikirkan banyak hal dari suara itu," kata Takagi. "Kali ini, saya menyelidiki apakah mereka memetakan posisi pemiliknya secara spasial dari suara."

Penelitian yang dilakukan di lingkungan rumah dan di kafe kucing ini mengamati bagaimana hewan itu bereaksi terhadap suara pemiliknya tanpa rangsangan visual. Ini dilakukan menggunakan pengeras suara yang memutar rekaman pemilik yang menyebutkan nama kucing tersebut.

Para peneliti menempatkan speaker terpisah satu sama lain, jauh dari pandangan kucing, untuk melihat bagaimana mereka akan merespons suara, terutama jika suara pemiliknya seolah berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain. Kelompok orang lainnya, yang bukan ahli perilaku hewan, menilai tingkat keterkejutan kucing dari skala 0 hingga 4, berdasarkan perilaku seperti gerakan telinga dan kepala.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membayangkan Secara Mental

Kucing-kucing terkejut ketika pemiliknya tampak "berpindah" dari satu lokasi ke lokasi lain, demikian kesimpulan studi tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bukti kognisi sosio-spasial pada kucing, yang berarti mereka dapat secara mental membayangkan keberadaan orang lain melalui isyarat seperti suara.

"Secara umum diyakini bahwa kucing tidak tertarik pada pemiliknya seperti anjing, tapi ternyata mereka secara mental mewakili kehadiran pemiliknya yang tidak terlihat," tutur Takagi.

Hewan lain, seperti monyet vervet dan meerkat, juga menunjukkan reaksi ini. Studi tersebut mengatakan, kemampuan untuk menciptakan gambaran mental berdasarkan suara dan rangsangan lain menunjukkan pemikiran yang kompleks. Kemampuan ini sangat penting bagi hewan yang perlu berburu mangsa di bawah visibilitas yang buruk.

"Ini adalah kemampuan yang jadi dasar kreativitas dan imajinasi," kata Takagi. "Kucing dianggap memiliki pikiran yang lebih dalam daripada yang diperkirakan."

3 dari 4 halaman

Dapat Mengenali Suara Emosional

Ingrid Johnson, konsultan perilaku kucing bersertifikat dari Fundamentally Feline, mengatakan kucing dapat melekat pada pemiliknya, terutama ketika mereka lebih tua. Ia mengatakan, beberapa kucing senior bangun dengan sedih ketika mereka tidak dapat melihat atau mendengar pemiliknya.

"Ini adalah contoh yang bagus untuk meningkatkan harapan kami terhadap kucing dan menyadari bahwa mereka memiliki kemampuan untuk memiliki ikatan dalam hubungan, yang mana mereka benar-benar akan merasa nyaman dengan orang-orang di sekitar," papar Johnson.

Penelitian telah menemukan bahwa kucing juga dapat membedakan antara suara pemiliknya dan orang asing, di samping mereka dapat mengenali suara emosional. "Kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, dan orang-orang sering berpikir bahwa hanya itu yang bisa mereka lakukan, tapi kucing mungkin sedang memikirkan banyak hal," ucap Takagi.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Benda di Rumah Wajib Dibersihkan Cegah Penyebaran COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.