Sukses

Fakta Menarik Pesawat Terbang, Didominasi Warna Putih dan Ternyata Punya Klakson

Sebagian besar pesawat terbang berwarna putih, salah satu alasannya karena bisa membuat badan pesawat tetap dingin.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat terbang menjadi salah satu transportasi andalan saat kita pergi ke tempat yang jauh, baik di dalam maupun luar negeri. Selain bisa mempersingkat waktu, pesawat kerap dipilih karena memberikan kenyamanan yang lebih.

Pesawat juga asih menjadi moda transportasi paling aman dibandingkan jenis transportasi lain. Tingkat kecelakaan pesawat lebih rendah dibandingkan kendaraan umum lainnya.

Aviation Safety Network menyebutkan bahwa angka kecelakaan pesawat menurun tajam setiap dekade. Ada beberapa alasan menempatkan pesawat sebagai transportasi teraman, di antaranya adalah perusahaan penerbangan selalu meningkatkan keamanan dan kenyamanan pesawat dengan teknologi terkini.

Tak hanya jadi sarana transportasi, ternyata pesawat terbang memiliki sejumlah fakta yang mungkin belum Anda ketahui. Misalnya saja, apa yang membuat pesawat didominasi warna putih?

Dikutip dari laman Instagram resmi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, @kemenhub151, berikut empat akta menarik tentang pesawat terbang.

1. Suhu di Pesawat Sangat Dingin

Saat naik pesawat Anda tentu merasakan bahwa suhu di dalam pesawat begitu dingin, terutama saat pesawat sudah berada di atas 30.000 kaki. Ternyata ada alasan kenapa suhu pesawat dibuat sangat dingin. Tujuannya agar penumpang tidak kekurangan oksigen yang menyebabkan hipoksia, yaitu gangguan saat jaringan tubuh kekurangan suplai oksigen.

Hipoksia adalah hal yang umum menyerang penumpang pesawat. Nah, ternyata kabin dengan temperatur hangat dan tekanan udara tinggi bisa memperparah kondisi ini. Untuk itulah temperatur di kabin pesawat dibuat lebih rendah atau lebih dingin daripada suhu ruangan. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pintu Tak Bisa Dibuka Saat Penerbangan

Beberapa waktu lalu Anda mungkin pernah mendengar kasus penumpang yang membuka pintu darurat pesawat. Hal ini ternyata tidak bisa dilakukan saat pesawat sedang mengudara. Tekanan dalam kabin yang kuat membuat pintu pesawat tidak dapat dibuka semudah ketika pesawat sedang tidak terbang.

Tekanan di pesawat membuatnya benar-benar mustahil bagi seseorang untuk membuka pintu pesawat di tengah penerbangan.Pintu pesawat merupakan model sumbat, yang menyumbat dari dalam ke luar dan bagian dalam pintu lebih besar daripada bagian luarnya. Selain itu, tekanan udara di luar pesawat yang sangat besar juga membuat pintu tidak mungkin untuk dibuka.

3. Pesawat Punya Klakson

Sama seperti kendaraan lainnya, pesawat ternyata juga memiliki klakson. Namun, klakson di pesawat tidak digunakan pilot untuk memberi tahu pesawat lain di udara ataupun menakuti burung.

Klakson ini hanya akan terdengar saat pesawat sedang diam di darat. Contohnya ketika teknisi sedang memeriksa suatu hal di ruang kokpit dan ia ingin menarik perhatian kru lain yang berada di luar pesawat.

3 dari 3 halaman

4. Kebanyakan Pesawat Berwarna Putih

Anda mungkin pernah bertanya, kenapa pesawat umumnya berwarna putih? Kalau Anda perhatikan lagi, hampir semua maskapai komersial memberikan dominasi warna putih pada armada yang mereka gunakan.

Ada beberapa yang memilih warna merah atau biru, tapi jumlahnya bisa dibilang tidak banyak.  Salah satu alasannya, warna putih dianggap bisa membuat badan pesawat tetap dingin. Apalagi, pesawat terbang menghabiskan sebagian besar waktunya di bawah sinar matahari.

Penggunaan warna putih pada pesawat juga mempermudah pihak maskapai untuk mendeteksi kerusakan pada permukaan pesawat. Karena retakan, penyok, guratan, atau kebocoran minyak menyisakan jejak warna yang lebih gelap daripada warna badan pesawat. Selain itu, warna putih juga dianggap tidak cepat luntur dan bisa menghindari pesawat dari serangan burung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.