Sukses

AS Masukkan Singapura dalam Negara dengan Risiko Perjalanan Tertinggi Tertular Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah memasukkan satu lokasi baru ke daftar tujuan perjalanan berisiko "sangat tinggi" minggu ini. Posisi Singapura naik dari Level 3 atau risiko "tinggi" untuk Covid-19, ke Level 4, kategori risiko tertinggi badan tersebut.

Dilansir dari CNN, Selasa (19/10/2021), kabar ini muncul setelah keputusan Singapura baru-baru ini untuk melonggarkan permbatasan. Negeri Singa juga menambah delapan negara baru, termasuk Inggris dan Amerika Serikat, ke dalam program Vaccinated Travel Lane.

Orang yang telah divaksinasi Covid-19 secara lengkap yang datang dari negara-negara tersebut dapat mengajukan permohonan masuk bebas karantina. Sedangkan, destinasi yang masuk dalam kategori "Covid-19 Sangat Tinggi" Level 4 memiliki lebih dari 500 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir, menurut kriteria CDC.

CDC merekomendasikan, wisatawan harus menghindari bepergian ke lokasi yang ditunjuk dengan pemberitahuan Level 4. Siapa pun yang harus bepergian harus divaksinasi lengkap terlebih dahulu, demikian saran agen tersebut.

Kabar ini adalah yang terbaru dari awal Agustus, ketika CDC menambahkan 16 tujuan dalam satu minggu ke Level 4 dan asus varian Delta meningkat pesat di sebagian besar negara-negara di dunia. Ini adalah minggu pertama sejak awal Agustus bahwa hanya satu negara yang ditambahkan ke Level 4.

Namun, destinasi liburan internasional populer lainnya tetap pada tingkat kewaspadaan tertinggi ini. Berikut daftar destinasi Level 4 saat ini:

Austria

Belize

Botswana

Kroasia

Yunani

Irlandia

Malaysia

Swiss

Singapura

Turki

Inggris

Dalam kasus Inggris, telah diajukan di Level 4 sejak 19 Juli 2021. Sementara, Yunani telah ada di dalam daftar sejak 2 Agustus 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Level 3

Kategori Level 3 berlaku untuk destinasi yang memiliki antara 100 dan 500 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir. Enam tujuan baru ditetapkan ke kategori risiko "tinggi" ini, tiga di antaranya naik dari Level 2:

Angola

Djibouti

Hungaria

 

Penunjukan Level 3 menjadi kabar baik bagi peminat tiga destinasi berikut. Sebelumnya, destinasi ini berada di Level 4:

Siprus

Eswatini

Tunisia

3 dari 4 halaman

Level 2

Destinasi yang menyandang predikat "Level 2: Covid-19 Sedang" telah mengalami 50 hingga 99 kasus Covid-19 per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir. Destinasi populer dalam kategori kurang berisiko ini sebagai berikut:

Republik Dominika

Mesir

Peru

Daftar CDC diperbarui setiap minggu. Dalam kategori tujuan "Level 1: Covid-19 Low", kurang dari 50 kasus baru per 100.000 penduduk telah dicatat selama 28 hari terakhir. Selandia Baru termasuk dalam kategori ini, tetapi belum membuka pintunya untuk turis berwisata.

Dalam panduan perjalanannya yang lebih luas, CDC telah merekomendasikan untuk menghindari semua perjalanan internasional sampai Anda divaksinasi sepenuhnya. "Wisatawan yang divaksinasi penuh lebih kecil kemungkinannya untuk terkena dan menyebarkan Covid-19," jelas CDC.

"Namun, perjalanan internasional menimbulkan risiko tambahan, dan bahkan turis yang divaksinasi lengkap mungkin berisiko lebih tinggi untuk terkena dan mungkin menyebarkan beberapa varian Covid-19," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi