Sukses

3 Cara Aman Agar Finansialmu Stabil di Masa Depan

Selagi usia masih produktif sekarang saatnya mulai menyisihkan penghasilanmu untuk dana darurat.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu keuntungan memiliki penghasilan sendiri adalah kita mampu membuat keputusan cerdas terkait keuangan. Yup, banyak hal sebenarnya bisa dilakukan dari penghasilan tersebut, jika benar-benar digunakan secara bijak. 

Namun sayangnya, saat sudah dapat pekerjaan dan punya penghasilan sendiri, nggak sedikit yang terlena di zona nyaman. Alhasil, penghasilan yang sebenarnya dapat digunakan untuk masa depan, habis sia-sia. 

Lantas, apa yang harus dilakukan agar finansial di masa depan terjamin dan lebih stabil? Dikutip laman Fool, berikut ulasannya: 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Buat Dana Darurat

Kebanyakan orang berpenghasilan berpikir bahwa uang dapat dicari. Hal itu memang benar adanya. Tapi coba pikirkan lagi, gimana jadinya jika kamu nggak ada uang cadangan. Dana darurat misalnya. 

Dana darurat merupakan dana cadangan yang digunakan ketika kita dalam kondisi keuangan menurun. Misalnya, di PHK karena pekerjaan, masuk rumah sakit dan lain sebagainya. Di momen itulah, kita menggunakan dana darurat. 

Maka dari itu, selagi usia masih produktif sekarang saatnya mulai menyisihkan penghasilanmu untuk dana darurat. Biasanya, dana cadangan ini jumlahnya dua sampai tiga kali lipat dari pengeluaran bulananmu. 

Si, jadikan dana darurat sebagai prioritas keuanganmu saat ini. Untuk penyimpanannya, ada baiknya dipisahkan dengan rekening tabunganmu. Tujuannya, agar uang tersebut nggak terpakai. 

 

3 dari 4 halaman

2. Jangan Sampai Terlilit Utang

Ingatlah nggak semua utang muncul untuk kebutuhan yang sama. Misalnya saja, kamu sedang ada kredit mobil, pembayaran cicilan rumah. 

Tentunya utang tersebut masuk kategori utang yang normal. Nah salah satu jenis utang yang nggak sehat adalah kartu kredit. Terkadang kita sulit mengontrolnya, sehingga tagihan sering mencekik. 

Oleh karena itu, jika kamu adalah pengguna kartu kredit, ada baiknya menggunakan uang tersebut dengan bijak. 

 

4 dari 4 halaman

3. Investasi

Ketika kamu sudah memiliki dana darurat, utangmu juga terkontrol dengan baik, sekarang saatnya lakukan investasi. 

Investasi ini bisa kamu lakukan dalam bentuk apapun. Beberapa jenis investasi yang aman untuk pemula adalah deposito, reksadana, saham, hingga tabungan emas online. 

Menariknya sekarang ada cara termudah untuk investasi emas online. Yup, kamu bisa menabung emas online yang lebih mudah dan terjangkau lewat e-commerce yang memiliki fitur nabung emas. Untuk cara investasinya nggak susah kok, mirip seperti menabung biasa.

Artinya, berapapun uang yang kamu miliki, bisa langsung dibelikan emas sesuai nominal atau jumlahnya. Nah, pilihlah e-commerce di mana kamu bisa melakukan pembelian emas online dalam nominal rendah, mulai dari Rp5 ribu. Semakin banyak jumlah atau nominal yang dibeli, semakin besar gramasi emas yang kamu dapatkan!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini