Sukses

Tips Lolos Tes dan Persyaratan Jadi Pramugari Kereta

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pramugari termasuk profesi impian bagi sebagian wanita. Profesi ini terlihat keren karena dituntut untuk tampil menarik sekaligus cekatan dalam melayani penumpang.

Pramugari bukan hanya di pesawat, tapi juga di kereta api. Meski beda jenis transportasinya, pramugari pesawat dan kereta sama-sama bertugas memberi kenyamanan kepada pelanggan. Lalu, bagaimana cara agar bisa jadi pramugari di kereta api? Apakah hampir sama dengan persyaratan menjadi pramugari pesawat?

Pramugari kereta api bernama Safira membagikan tips melalui beberapa video unggahannya di akun TikTok @safirarfd. Ia mengungkapkan saat calon karyawan menjalani proses wawancara kerja untuk posisi tersebut.

Poin pertama yang disebutkan Safira adalah ramah dan banyak senyum saat sesi wawancara. Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang pramugari dituntut untuk melayani penumpang dengan senyum ramahnya.

Buatlah diri Anda tenang ketika menjawab pertanyaan pewawancara. "Jangan gugup saat diwawancarai, tunjukkan rasa percaya diri dan harus ceria," tulis Safira.

Sama halnya ketika melamar di perusahaan lain, sebaiknya Anda pelajari dulu informasi perusahaan agar wawancara berjalan lancar. Hal seperti itu juga bisa membuat pewawancara terkesan dan menunjukkan Anda memang serius serta berminat pada pekerjaan yang dilamar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Unjuk Bakat

Jangan ragu tunjukkan bakat dan keterampilan Anda, karena itu bisa menjadi nilai plus meski mungkin tidak terlalu berkaitan dengan profesi pramugari.

Penampilan luar juga tidak kalah penting, karena itu akan menjadi kesan pertama orang lain terhadap Anda. Gunakan pakaian yang sopan, rapi dan sesuai aturan.

Rias wajah Anda dengan makeup, tapi jangan berlebihan. Safira juga mengingatkan untuk memperhatikan kelengkapan berkas seperti pas foto, yakni harus terbaru dan mengenakan pakaian formal dan rapi.

3 dari 4 halaman

Harus Menarik

Safira juga menjawab pertamyaan sejumlah warganet tentang persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi pramugari kereta api. Syarat utamanya adalah pria atau wanita berusia maksimal 27 tahun. Pelamar juga diminta berpenampilan menarik, tidak menggunakan kacamata, dan tidak memakai behel.

"Tidak harus cantik, yang jelas harus good looking. Jadi harus rapi, bersih dan wangi, itu sudah cukup dibilang berpenampilan menarik," terangnya menjawab pertanyaan seorang warganet.

"Kalau tinggi badan seingatku minimal sekitar 158 sampai 160 cm. Kalau pendidikan minimal SMA atau SMK jadi nggak harus lulus kuliah karena aku juga cuma lulusan SMA. Kalau untuk bahasa Inggris tidak wajib tapi bisa jadi keuntungan kalau kita bisa," jelasnya lagi.

Usai lolos wawancara dan diterima, tahap selanjutnya adalah menjalani masa pelatihan sebelum resmi bekerja sebagai pramugari kereta api.  "Semua biaya dan fasilitas selama pelatihan ditanggung PT KAI," jelas Safira.

4 dari 4 halaman

Infografis Jalur Kereta Api Indonesia