Sukses

Cerita Inspiratif Kakek Ubah Bagasi Mobil Jadi Warung Jajanan Gratis

Cara Kakek Ongen membagikan jajanan gratis untuk anak-anak ini menginspirasi sejumlah warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi Covid-19 memang terasa sangat berat bagi banyak orang. Meski begitu, masih ada sebagian orang yang suka berbagi pada sesama untuk menyenangkan sesama. Hal itu menjadi salah satu perbuatan positif yang bisa menginspirasi, terutama di tengah kondisi ini.

Ini juga yang dilakukan oleh seorang lelaki paruh baya yang membuka Warung Berjalan Kakek Ongen. Hal itu diketahui dari sejumlah unggahan anaknya, dr Mutiara Sangaji, di media sosial TikTok.

Dalam salah satu video yang diunggah akun @mutiarasangaji, terlihat ayahnya yang menyebut namanya sebagai Kakek Ongen menyulap bagasi mobilnya menjadi sebuah 'warung' yang dipenuhi dengan berbagai snack atau makanan ringan yang biasa disukai anak-anak. Selain jajanan, ia juga menyiapkan berbagai mainan.

Awalnya, menurut akun tersebut, ayahnya membuka Warung Berjalan Kakek Ongen khusus untuk sang cucu pada awal Agustus lalu. Seiring berjalannya waktu, ia mulai menyambangi anak-anak tahfidz Quran, panti asuhan, dan anak-anak kurang beruntung yang ditemui di jalan.

"Ini Warung Berjalan Kakek Ongen. Awalnya dibikin buat lucu-lucuan aja sama cucu-cucu. Tapi kok kayanya seru ya kalau kita jalan-jalan ke seorang anak penghafal Al-quran," kata video tersebut. 

Kakek Ongen membagikan jajanan dengan bayaran, tapi bukan uang. Ia membuat syarat bagi para pembelinya, yaitu membayarkan dengan hafalan surat-surat pendek atau doa.

Tentu saja, cara Kakek Ongen berbagi ini memberikan inspirasi bagi warganet lainnya. Salah satu video di akun itu sempat viral dan sudah ditonton lebih dari 110 ribu kali dan disukai lebih dari 13 ribu kali.

"Sangat menginspirasi sekali. Semangat ya, kek. Doa kebaikan berlimpah untuk kakek," komentar seorang warganet.  "Wah seru banget nii, menginspirasi sekali. Semoga Allah mudahkan rezekinya, diberi kesehatan dan dibahagiakan dunia akhirat. Aamiin ya Rabbal'alamiin," kata @nikxxxxan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Cucu ke Panti Asuhan

Dalam unggahan lainnya, kakek itu membuka warung berjalannya di sebuah panti asuhan di kawasan Jakarta Timur. Saat itu bertepatan dengan hari libur dan ia mengajak cucu-cucunya untuk ikut ke panti asuhan.

"Mampir Ke Panti Asuhan AL-SAKINAH.. Makasih pa udah ajarin cucu2 selalu inget ke sodara2nya disini," tulis Mutiara dalam keterangan video.  Unggahan itu kembali mendapat banyak pujian dari warganet.

Mereka merasa salut pada kakek Ongen karena mengajak dan mengajari cucu-cucunya untuk saling berbagi pada anak-anak lain yang kurang beruntung. Anak-anak di panti asuhan itu pun terlihat sangat senang dan antusias setelah ‘berbelanja’ di warung berjalan tersebut. 

3 dari 4 halaman

Jumat Berkah

Dalam unggahan lainnya pada 21 Agustus 2021, Mutiara menuliskan kalau ayahnya kemungkinan akan rutin menjalankan program Warung Berjalan setiap Jumat sehingga disebut Jumat Berkah. "Insya Allah akan terus berjalan. Tolong kasih masukannya ya 🤗," tulisnya dalam keterangan video.

Ia bahkan meminta masukan pada warganet, barang-barang apa saja yang sebaiknya dibagikan dan kepada siapa saja sasaran utamanya.  Cukup banyak warganet yang memberikan usulan.

"Ke daerah pembuangan sampah. Obat-obatan makanan susu dll, kasian mereka juga manusia kalau bukan karena mereka tempat kita ga bersih," usul seorang warganet. Mutiara tak lupa mengucapkan terima kasih dan berjanji akan meneruskan berbagai usulan dari warganet pada ayahnya.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.