Sukses

Di Balik Sesi Foto Pernikahan di Kuburan yang Tuai Pro Kontra

Beberapa warganet menyebut bahwa sesi foto pernikahan di kuburan itu termasuk pamali.

Liputan6.com, Jakarta - Video memperlihatkan pengantin menjalani sesi pemotretan di pemakaman tengah jadi sensasi online. Ini terjadi setelah akun TikTok @fuad_fahrozi mengunggah sebuah video dengan keterangan, "Foto di dekor ❌ Foto di kuburan ✅.”

Video ini disorot dari sudut pandang orang ketiga yang mengikuti sepasang pengantin masuk ke halaman pemakaman. Tampak seorang lain membawa kamera dan bendera merah putih berjalan di depan pengantin.

Kedua mempelai mengikuti pria tersebut dan berhenti di lokasi berlatar belakang pemakaman. Setelah menemukan tempat yang pas, baik mempelai pria maupun wanita tampak bersiap untuk berpose.

Sesi pemotretan di luar kebiasaan ini diketahui terjadi di Madura, Jawa Timur. Hingga artikel ini ditulis, video TikTok yang dimaksud telah mendapat 18,1 ribu likes dan 252 komentar.  Menurut pemilik akun yang bekerja sebagai fotografer lepas ini, peristiwa tersebut berawal dari kedua mempelai yang ingin mengadakan resepsi di gedung.

"Berhubung kondisinya PPKM saat ini, cancel (batal) toh karena semua gedung tutup. Jadi pihak si pengantin ngadain acaranya di rumah," kata Fuad pada Liputan6.com, Rabu (25/8/2021).

Ia menambahkan, fotografer bermaksud mencari nuansa alam untuk latar belakang foto pengantin. Kemudian, dipilihlah kuburan belakang rumah mempelai wanita sebagai lokasi berfoto yang kebetulan lahannya cukup lapang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapi Pro Kontra

Namun, timbul pro kontra di antara warganet setelah melihat foto pernikahan tersebut. Beberapa di antaranya memperingatkan bahwa tindakan pasangan pengantin ini termasuk pamali. "Biar apa sih, padahal nggak boleh asal sembarangan foto di (tempat) keramat loh," komentar seorang pengguna TikTok, sementara yang lain menulis, "Sembrono sekali."

Menanggapi komentar tersebut, Fuad mengatakan, pemakaman ini terkadang dijadikan tempat bermain, bahkan setiap sore banyak anak-anak kecil bermain bola di area tersebut.

"Sebelum saya eksekusi (foto pernikahan) di kuburan tersebut, saya tanyakan, ini makam ada yang keramat atau tidak. Terus mempelai putri bilangnya, 'Oh tidak, mas. Saya dari kecil mainnya di makam,'" tegasnya.

 

3 dari 4 halaman

Mengusung Konsep Kemerdekaan

Ketika berfoto, Fuad menjelaskan, ia bukan menyoroti kuburan. Pengambilan gambar dilakukan di sebelah pemakaman dengan mengusung konsep kemerdekaan.

Ketika sesi pemotretan, ia bercerita, tim makeup artist (MUA) sempat mengeluhkan masalah lokasi karena dikhawatirkan gaun pengantin akan sobek. "Jadi saya bilang, 'Mau tempat lain di mana, tempatnya kan jauh semua.' Ya sudah kita ambilnya sebelah kuburan tersebut," tuturnya.

Terlepas dari pro kontra yang dihadirkan video tersebut, ke depan, Fuad berharap bisa lebih giat lagi membuat konten untuk bisnisnya. Ia memang memiliki usaha wedding organizer dengan akun Instagram @prewedding_bangkalan. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 4 halaman

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.