Sukses

Penjual Ketoprak Ajarkan Berbagi Tak Harus Menunggu Kaya

Pria itu terharu saat penjual ketoprak mengingatkan agar selalu berbuat baik.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini berbagi kebaikan mungkin diidentikkan dengan uang atau materi. Berbagi kebaikan memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun kebaikan tersebut tak selamanya harus berbentuk materi.

Terkadang, bantuan sekecil apapun bisa sangat bisa membantu orang lain. Salah satu contohnya seperti kejadian yang dialami oleh pemilik akun TikTok @harbie16.

Dalam video yang ia unggah, pria bernama Harbie Kurnia ini membagikan cerita yang sangat menyentuh hatinya. Saat itu, di tengah malam ia merasa lapar usai pulang dari bermain basket.

Ia kemudian memutuskan untuk membeli ketoprak di pinggir jalan. Penjual ketoprak itu berjualan di gerobak sederhana. Pria ini kemudian memesan satu porsi ketoprak. Si pedagang dengan sigap membuatkannya. Namun setelah mengecek dompet, rupanya uang tunainya habis.

Harbie kemudian bertanya apakah si penjual menyediakan pembayaran non-tunai. Ternyata pedagang tersebut hanya melayani pembayaran uang tunai.

Harbie lantas mengatakan ingin membatalkan pesanan, tetapi pedagang tersebut mengatakan tak perlu khawatir. Ia mengatakan agar tetap membawa ketopraknya dan bisa dibayar besok.

Penjual itu bahkan memberi banyak kerupuk dan membuat Harbie terharu. "Rezeki sudah ada yang atur dek. Jangan lupa untuk selalu berbuat baik ya," ujar pedagang tersebut seperti yang diingat pria ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Jualan

Pengalaman tersebut dialaminya di Ketoprak Pak Yudi yang berlokasi di depan Rio Billiard, Sunter, Jakarta Utara. Keesokan harinya Harbie datang kembali dan memberi uang sebesar Rp100 ribu tanpa meminta kembalian.

Cerita ini rupanya menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan video pada 21 Agustus 2021 itu.

"Karena berbagi tak harus menunggu kita kaya," komentar seorang warganet.  "Sehat-sehat terus ya pak. Semoga dagangan makin laris. Panjang umur orang baik," tulis warganet lainnya.

Sampai berita ini ditulis, unggahan video di TikTok tersebut sudah dilihat lebih dari 1,1 juta kali dan 191 ribu kali. Harbie juga mengajak warganet untuk membeli ketoprak Pak Yudi.

3 dari 4 halaman

Pesan Menyentuh

Aksi berbagi juga dilakukan seorang pria pada penjual makanan keliling. Ia membagikan momen berbagi kebaikan melalui akun TikTok @steven.stenlyy.

Dalam sebuah unggahan baru-baru ini, ia mendatangi seorang penjual roti keliling. Pria bernama Steven itu mengatakan ingin membeli semua roti yang tersisa yaitu sebanyak 21 buah.

Total uang yang harus dibayarkan adalah Rp50 ribu, namun ia memberikan Rp100 ribu tanpa meminta kembalian. Steven pun menuliskan pesan menyentuh sekaligus inspiratif dalam unggahannya itu.

"Anda tak akan pernah tahu kapan kebahagiaan akan datang. Untuk itu, saat kebahagiaan menghampiri jangan lupa untuk berbagi. Tidak ada batasan untuk membuat orang lain bahagia kecuali Anda sendiri yang membatasinya," tulis Steven di dalam video unggahannya tersebut.

4 dari 4 halaman

Jangan Buang Sembarangan, Ini Cara Kelola Masker Bekas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.