Sukses

Fakta: Konsumsi Buah Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Anjurannya, buah dikonsumsi tiga porsi per hari untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tapi, aturan itu tidak berlaku di masa pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Buah merupakan salah satu sumber mikro nutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral. Sebagai mikro nutrien, meski sedikit kebutuhannya, namun mengonsumi buah nyatanya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

"Jadi, buah bisa meningkatkan imunitas tubuh itu fakta, bukan hoaks," tegas Dokter Spesialis Gizi, dr. Florentina M. Rahardja, M. Gizi, Sp.GK dalam acara media gathering #Buah Bisa Tingkatkan Imunitas, Hoax atau Fakta, yang disiarkan lewat YouTube, Senin, 16 Agustus 2021.

Florentina mencontohkan sebuah mobil bersumber energi bensin atau solar, sedangkan mikro nutrien itu seperti olinya. Artinya, meski sebuah mobil ada bensin atau bahan bakarnya, tanpa oli, mobil tidak akan bisa bergerak.

"Sedemikian pentingnya buah itu. Dalam tubuh kita terdapat miliaran sel yang membutuhkan vitamin dan mineral untuk menggantikan sel-sel yang rusak," kata Florentina.

Karena sifatnya yang mikro nutrien, tak perlu mengonsumsi buah dalam jumlah yang banyak. Namun mengingat masih pandemi, perlu mengonsumsi buah dalam jumlah lebih besar agar imunitas tetap terjaga.

"Anjurannya kita mengonsumsi buah tiga porsi per hari. Namun, karena saat ini kondisinya sedang pandemi, perlu ditingkatkan menjadi enam porsi per hari," tegas Florentina.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beragam Buah

Bagi Florentina, dalam enam porsi buah per hari itu sebaiknya beragam. Contohnya, bisa pisang, nanas, atau guava.

"Silakan saja dikonsumsi karena tidak ada satu buah yang melengkapi untuk semuanya. Seperti di guava, vitamin C-nya tinggi dan lebih tinggi dari jeruk," katanya.

Kata Florentina, setiap buah memiliki kelebihannya masing-masing. Selain mengonsumsi buah yang beragam, perlu juga yang berwarna-warni. "Jadi, mengonsumsi buah yang beragam akan lebih baik," ujar Florentina.

 

3 dari 4 halaman

Jadikan Bagian dari Keseharian

Sementara itu, selebritas Citra Kirana mengungkap bahwa mengonsumsi buah sudah jadi bagian kesehariannya. Ia bahkan selalu stok buah di rumahnya. "Sekarang aku sudah mulai menerapapkan ke anakku agar mengonsumsi buah, salah satunya pisang," ujar Citra.

Selain mengonsumsi buah, Citra mengatakan beberapa hal lain yang mendukung kesehatan tubuhnya. Itu termasuk mengonsumsi makan-makanan yang sehat, minum air putih, dan berpikir positif.

"Hal penting lain, aku menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Saat ini lebih banyak treadmill sama senam," imbuh Citra.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.