Sukses

Turis Asing Sebut Bali Termasuk Pulau Termurah Sedunia, Sehari Traveling Hanya Rp72 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - Keindahan Bali sudah diakui wisatawan secara luas, baik dari dalam maupun luar negeri. Bukan saja indah, seorang turis asing baru-baru ini menyebut Bali sebagai salah satu pulau termurah di dunia.

Dengan hanya bermodalkan lima dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar 72 ribu, turis ini membagikan pengalamannya jalan-jalan sehari di Bali. Turis asing bernama Jaro itu adalah seorang travel vlogger sekaligus content creator di TikTok.

Ia membagikan video pengalaman menjelajah Bali di akun TikTok-nya, @travelwithjaro. Dalam unggahan pada 22 Juli 2021, Jaro terlihat berlibur bersama teman-temannya.

Bali adalah salah satu pulau termurah untuk bepergian di seluruh dunia," tulisnya di awal video, sambil menampilkan keindahan salah satu pantai sebagai gambar latar.

Jaro kemudian memperlihatkan apa saja yang bisa dilakukannya seharian di Bali dengan nominal uang yang tadi disebutkan. "Kami memutuskan untuk melihat seberapa jauh 5 dolar (AS) dapat membawa kami dalam satu hari," tulis Jaro.

Pertama-tama, ia menginap di sebuah penginapan yang terletak di daerah Uluwatu. Untuk menginap semalam, ia hanya mengeluarkan sekitar satu dolar AS atau sekitar Rp14 ribu saja. Jaro juga memperlihatkan kamar dan hostel yang jadi tempat ia menginap. Meski sangat sederhana, ia tetap merasa nyaman.

2 dari 5 halaman

Makanan dan Minuman

Selanjutnya, Jaro dan kawan-kawan membeli makanan di pinggir jalan, yaitu ayam super pedas seharga 0,80 dolar AS atau Rp11 ribuan. Ia juga memesan minuman, yaitu jus jeruk, seharga 0,80 dolar AS.

Di akhir perjalanan di Pulau Dewata, Jaro dan temannya masih punya sisa uang dua dolar AS atau sekitar Rp28 ribu. Sisa uang tersebut akhirnya ia gunakan untuk pijat kaki dan menikmati sunset yang menjadi panorama unggulan di berbagai pantai di Bali.

Video yang diunggah Jaro pun viral di media sosial dan menuai beragam komentar warganet. "Bali sangat menakjubkan, aku pernah ke sana beberapa kali," tulis seorang warganet.

Meski begitu, ada pula warganet yang berkomentar mengenai harga tiket pesawat ke Bali yang cukup mahal. Sementara, yang lain menulis bahwa unggahan Jaro tidaklah benar karena tidak mungkin bisa keluar uang semurah itu dalam sehari di Bali.

3 dari 5 halaman

Bujet Sebulan

Tak hanya wisatawan mancanegara, turis lokal pun pernah membagikan video tentang murahnya biaya hidup di Bali. Belum lama ini, seorang wanita bernama Kath itu mengunggah konten tips berhemat saat tinggal di Bali dalam sejumlah video di TikTok.

Menurut Kath, hanya dengan bujet Rp3 juta, Anda sudah bisa tinggal di Bali selama sebulan. Biaya itu sudah termasuk akomodasi, transportasi, dan makan. Menurut pengalaman Kath, mencari tempat tinggal di Bali sebaiknya di daerah Denpasar atau Sanur, tapi jangan dekat dengan daerah yang ramai turis, terutama dari luar negeri.

Mendekatlah ke daerah warga lokal Bali tinggal, karena di sana Anda dapat menemukan tempat tinggal dengan tarif sewa sekitar Rp2 juta per bulan. Untuk urusan makan, menurutnya, bisa menghabiskan biaya antara Rp10 ribu sampai Rp20 ribu saja per hari.

Menu makanan yang didapat, yaitu nasi jinggo, nasi campur, atau nasi kuning. Untuk transportasi, Kath menyarankan untuk menyewa sepeda motor selama di Bali. Tarifnya rata-rata Rp500 ribu per bulan. Seperti konten Jaro, unggahan tentang biaya hidup di Bali itu juga menuai pro dan kontra dari warganet.

4 dari 5 halaman

Aturan Pembatasan PPKM Darurat Jawa Bali

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: