Sukses

Cara Lain Berbagi Kebaikan Saat Belum Bisa Berkurban di Momen Iduladha

Tindakan berbagi selain berkurban saat Iduladha ini dicontohkan seorang pengguna TikTok.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Iduladha lekat dengan ibadah kurban. Mereka yang mampu akan menyerahkan hewan kurban, seperti sapi, kambing, dan domba, untuk dipotong. Daging kurban biasanya dibagikan pada sesama, terutama untuk yang kurang mampu.

Namun, tak semua orang bisa berkurban. Meski begitu, bukan berarti tak bisa berbagi, dan ini dicontohkan pemilik akun TikTok @raynhidayat88.

Dalam video unggahannya, pria bernama Rayn Hidayat ini memilih berbuat kebaikan dengan cara selain berkurban. Bersama seorang wanita, ia membeli banyak beras dan minyak goreng untuk dibagikan pada orang-orang yang membutuhkan.

Sembako itu ditaruh di bagasi mobilnya yang terparkir di pinggir jalan. Di klip tersebut, keduanya tampak mengenakan masker sambil memegang tulisan yang mengumumkan, siapa saja yang membutuhkan beras dan minyak, boleh mengambilnya secara gratis.

Beberapa orang lalu berdatangan untuk mengambil beras dan minyak goreng yang disediakan. Ada sejumlah pria dan wanita paruh baya, pedagang kaki lima, tukang parkir, dan driver ojek online yang terlihat mengambil sembako itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ambil Positifnya

Mereka berterima kasih atas rezeki yang didapatkan di Hari Raya Iduladha. "Semoga berbagi rezeki ini bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan di masa sulit saat ini," tulis Rayn dalam unggahannya pada Selasa, 20 Juli 2021.

Unggahan ini berhasil menarik banyak perhatian warganet. Sampai berita ini ditulis, video itu sudah dilihat lebih dari 418 ribu kali dan mendapat lebih dari 1,6 ribu komentar.

"Alhamdulillah semenjak pandemi covid-19, orang baik bertambah banyak. Kita ambil positifnya aja ya dari pandemi ini. Semoga kita lebih bijak," komentar seorang warganet.

"Saya tau kalo dia korban hewan mungkin yg dapat hanya sekitar komplek masjid itu, tapi kalo begini bisa rata dijalanan," timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Kurban Terbanyak

Sementara sebagian orang belum bisa berkurban, ada juga yang sangat mampu sehingga bisa berkurban dalam jumlah banyak. Contohnya, selebgram yang juga YouTuber, Putra Siregar, yang berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan menyembelih hewan kurban terbanyak, yaitu 1,1 ribu ekor.

Semua hewan kurban tersebut didistribusikan ke masjid-masjid di Indonesia. Ia bercerita, hewan kurban ini disiapkan di tengah waktu yang sangat mepet. Untung saja banyak pihak yang membantunya, terutama para pengikutnya.

"Tadinya sih saya enggak kepikiran untuk (cetak) rekor MURI lagi ... Tim saya luar biasa. Terima kasih banyak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu namanya," ucapnya, seperti dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Selasa, 20 Juli 2021.

"Kurban terbanyak seribu ekor itu dipegang sebuah instansi atau perusahaan. Akhirnya kami bawa nama pribadi bisa kurban. Alhamdulillah 1,1 ribu ekor dan itu menyebar di 476 kabupaten dan masjid seluruh Indonesia," sambungnya.

Putra tak ragu untuk berkurban banyak tahun ini karena merasa prihatin melihat banyaknya masjid yang tidak mengadakan penyembelihan di masa pandemi. Maka itu, tergerak hatinya untuk berbagi di momen Iduladha.

4 dari 4 halaman

Pelaksanaan Kurban Idul Adha 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.