Sukses

Meghan Markle Kembali Singgung Isu Warna Kulit Saat Bicarakan Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle kembali tampil di TV. Ini menjadi kemunculannya yang pertama setelah sesi wawancara bersama Oprah Winfrey yang kontroversial pada Maret 2021 lalu. 

Mengenakan gaun merah bermotif bunga popi, Meghan hadir untuk mengkampanyekan soal vaksinasi global yang digalangnya bersama Pangeran Harry. Dalam pidatonya, Duchess of Sussex mennyatakan pandemi telah memengaruhi para perempuan di seluruh dunia secara tidak proporsional.

Ia menyatakan setahun terakhir orang-orang bersatu tanpa lelah mengupayakan agar bisa mengatasi Covid-19. Meghan mengaku melihat jalan lebih terang di depan, tetapi semua itu memerlukan partisipasi semua orang. 

"Sebagai ketua kampanye Vax Live, saya dan suami saya percaya bahwa prioritas pemulihan kita adalah mengutamakan kesehatan, keamanan, dan kesuksesan untuk semua orang, terutama para perempuan, yang terdampak secara tidak proporsional karena pandemi ini," kata Meghan, dikutip dari laman The Sun, Senin (10/5/2021).

Meghan juga menyinggung soal meningkatnya kekerasan berbasis gender selama pandemi dan tantangan baru yang memundurkan kemajuan yang didapat perempuan di tempat kerja.

Ia mengklaim dunia saat ini berada di titik balik untuk kesetaraan gender. Ia pun menyampaikan bahwa para perempuan, khususnya perempuan kulit berwarna, terancam kehilangan sumber ekonominya dan memengaruhi hingga satu generasi.

"Tapi bila kita bekerja bersama-sama untuk mendistribusikan vaksin ke seluruh negara dan benua, mendesak bahwa vaksin Covid-19 harus didistribusikan secara adil dan dihargai wajar, serta memastikan pemerintah di seluruh dunia mendonasikan vaksin tambahan ke negara yang membutuhkan, maka kita akan benar-benar mulai bangkit kembali," ujar Meghan.

2 dari 4 halaman

Singgung Calon Anak Kedua

Meghan diyakini merekam pesan dalam bentuk video itu di rumahnya di Montecito, California, Amerika Serikat. Kehamilannya yang makin mendekati tanggal persalinan semakin terlihat lewat perut yang semakin membuncit.

"Suamiku dan aku sangat bersemangat menyambut putri kami yang akan segera lahir," kata ibunda Archie Harrison itu.

Ia menyinggung hal itu untuk menyampaikan pesan bahwa para perempuan muda dan anak-anak perempuan di seluruh dunia harus diberikan kemampuan dan dukungan agar bisa memajukan semuanya di masa depan. Meghan menekankan bahwa kepemimpinan masa depan mereka tergantung pada keputusan yang dibuat para pemimpin pada saat ini.

"Dan aksi yang kita lakukan untuk mengatur mereka dan kita semua. Kami ingin memastikan saat kita pulih, kita pulih lebih kuat. Saat kita bangkit, kita bangkit bersama," ujar Meghan.

Konser Vax Live yang dibawakan oleh Selena Gomez sudah berlangsung beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, Pangeran Harry tampil di atas panggung selama beberapa menit untuk mengingatkan soal politisasi vaksin Covid-19. Duke of Sussex mengatakan bahwa dunia harus memastikan semua mendapatkan akses setara untuk suntikan vaksin itu tanpa memandang latar belakangnya.

"Ketika kita bicara tentang hidup dan mati, seperti kita bicarakan tentang kondisi sekarang, vaksin tidak bisa dipolitisasi," ujar Harry saat itu. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: