Sukses

6 Tempat Wisata untuk Isi Libur Lebaran Warga Bandung Raya Selama Dilarang Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sudah melarang mudik di masa lebaran yang berlaku mulai 22 April 2021 hingga 24 Mei 2021. Larangan tersebut bertujuan menekan penyebaran Covid-19 yang sampai sekarang trennya masih naik turun. Meski begitu, warga Bandung Raya tetap bisa berkunjung ke sejumlah tempat wisata.

Bandung Raya merupakan salah satu dari delapan wilayah aglomerasi yang ditetapkan pemerintah untuk bisa melakukan mudik lokal. Khusus untuk Bandung Raya, daerahnya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

Mengantisipasi libur lebaran dengan segala keterbatasan, sejumlah tempat wisata di Bandung Raya tetap dibuka untuk umum. Beberapa di antaranya sudah bersertifikasi CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, dan Enviromental Sustainability). Berikut enam tempat wisata yang tetap dibuka selama libur lebaran berdasarkan hasil penelusuran Liputan6.com, Kamis, 29 April 2021.

1. The Great Asia Africa

Lokasinya terletak di Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata itu menyajikan konsep wisata edukasi budaya. Terdapat tujuh kawasan di dalamnya yang ditata menyerupai aslinya, yaitu Korea Selatan, Thailand, Timur Tengah, India, Jepang, Afrika, dan Indonesia.

Masing-masing kawasan dilengkapi bangunan ikonis yang bisa dimanfaatkan sebagai latar foto, terlebih di tempat itu disediakan penyewaan kostum tradisional. The Great Asia Africa termasuk salah satu destinasi di Bandung Raya yang telah bersertifikasi CHSE.

"Sejauh ini kami tetap buka setiap hari ya. Tentunya tetap aman dan nyaman dengan selalu disiplin protokol kesehatan di area wisata," ujar admin akun Instagram The Great Asia Africa saat dikonfirmasi. Tempat wisata itu dibuka saat lebaran mulai pukul 09.00 - 18.00 WIB. 

2. Farm House

Ingin berwisata seperti berada di Eropa? Anda dapat mengunjungi Farm House. Lokasinya berada Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sana terdapat peternakan mini hingga rumah Hobbit sebagai latar foto. Anda juga dapat menyewa kostum bergaya Belanda.

Farm House juga membatasi kapasitas pengunjungnya dan menerapkan protokol kesehatan. "Lebaran buka normal seperti biasa, kapasitas sesuai anjuran pemerintah, prokes sesuai anjuran pemerintah, dan kami sudah bersertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata," jawab admin Instagram Farm House. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

 

** #dilarangmudik 

     #ingatpesanibu

     #DILARANG MUDIK

2 dari 5 halaman

3. Ranca Upas

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung. Walau lumayan jauh dari pusat kota, Ranca Upas cukup mudah dijangkau melalui jalan Tol Soreang.

Ranca Upas menawarkan wisata alam yang cocok untuk keluarga. Salah satunya yang paling terkenal yaitu penangkaran rusa. Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan rusa, seperti memberi makan wortel yang dijajakan pengelola Ranca Upas.

Pihak Ranca Upas mengaku menerapkan pembatasan terhadap wahananya."Buka tiap hari ya. Pembatasan hanya di antrian wahana dan kapasitas per tenda," kata admin Ranca Upas. Ranca Upas bisa dikunjungi mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

4. Terminal Wisata Grafika Cikole

Tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandangan hutan pinus yang asri. Terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dikulik di tempat wisata yang berlokasi di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Pengelola menyediakan aktivitas outbound, seperti flying fox dan flying board. Anda juga bisa menginap di tengah hutan pinus. Tersedia pondok-pondok unik ala pedesaan untuk pengunjung menginap dengan tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku.

"Kami tetap buka. Kami menerapkan prokes yang ketat serta membatasi jumlah kunjungan dari setiap segmen produk dan kami sudah tersertifikasi CHSE," Kata admin Instagram Terminal Wisata Grafika Cikole saat dikonfirmasi terkait masa libur lebaran. Terminal Wisata Grafika Cikole bisa dikunjungi mulai pukul 08.15 -16.00 WIB.

3 dari 5 halaman

5. Dusun Bambu

Dusun Bambu berada di Jalan Kolonel Masturi, Situ Lembang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Tersedia berbagai aktivitas rekreasi bertema Sunda tradisional. Pengunjung akan dibawa mempelajari kesenian, permainan tradisional, kuliner, hingga warisan budaya. Semuanya dilakukan di area terbuka ditemani sejuknya suasana pegunungan.

Terdapat juga restoran dan kafe bertema alam. Pas untuk liburan bersama keluarga di sini. Pengelola Dusun Bambu pun memberlakukan pembatasan kapasitas pengunjung demi keamanan dan kenyamanan bersama.

"Kami beroperasional setiap hari mulai pukul 09.30-17.30, begitu pula saat lebaran nanti. Kapasitas maksimum pengunjung kami batasi di 10% dari total luas area Dusun Bambu dalam satu waktu," jelas admin Instagram Dusun Bambu. Dusun Bambu bisa dikunjungi mulai pukul 09.30 - 17.30 WIB.

6. Floating Market

Didesain dengan konsep pasar terapung, Floating Market yang terletak di Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dibuka untuk umum saat libur lebaran. Di sini terdapat wahana Kampung Jepang Kyotoku yang membuat pengunjung seolah-olah berada di negeri sakura.

Terdapat pula hutan bambu buatan dan gazebo seperti di negara asalnya. Anda juga bisa menyewa kostum seperti Yukata atau Hanbok di sana. Karyawan floating market juga telah divaksinasi sehingga memberi jaminan kepercayaan meski protokol kesehatan tak bisa diabaikan.

"Untuk saat ini kami buka setiap hari ya, sesuai dengan jam operasional 09.00 - 18.00 WIB Kami sudah tersertifikasi CHSE dan seluruh karyawan floating market sudah di vaksin ya," jawan admin Instagram Floating Market saat dihubungi. Floating Market bisa dikunjungi mulai pukul 08.00-20.00 WIB. (Jihan Karina)

4 dari 5 halaman

Serba-serbi Dilarang Mudik

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: