Sukses

Sambut Idul Fitri, Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Mulai 12--14 Mei 2021

Gunung Rinjani akan ditutup untuk jalur pendakian sehubungan dengan Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Untuk merayakannya, kegiatan pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, ditutup untuk sementara.

Rencana penutupan jalur pendakian di taman nasional tersebut diumumkan melalui akun Instagramnya. Penutupan dilakukan selama tiga hari, mulai 12--14 Mei 2021.

"Informasi Penutupan Sementara Kegiatan Wisata di Jalur Wisata Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1442 H," tulis akun Instagram @gunungrinjani_nationalpark, Jumat, 23 April 2021.

Dalam pengumuman tersebut disertakan pula surat yang ditandatangani oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Dedy Asriady pada 23 April 2021.

Unggahan tersebut mendapat tanggapan dari sejumlah warganet. "Min tau surat izin masuk kluar ngga untuk pendakian gunung Rinjani keteranganya apa, soalnye ane Udeh booking pasawat tanggal 20 may bentrok sama perpanjang larangan mudik sampe tanggal 24 May.😢," komentar seorang warganet. "Bagaimana dgn yg sudah booking tgl tsb. Tolong jgn kasih info setengah2," tanya warganet yang lain penasaran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani memiliki luas sekitar 41.330 hektare yang menantang untuk disinggahi. Tak sedikit pendaki yang terpesona dengan keindahannya.

"Memiliki puncak setinggi 3.726 mdpl, daya tarik utama gunung tertinggi ketiga di Indonesia ini terletak pd pesona Danau Segara Anak yg berada di ketinggian sekitar 2.008 mdpl dengan luas sekitar 1.100 hektare & memiliki kedalaman hingga sekitar 230 meter. Segara Anak terbentuk dari hasil letusan Gunung Rinjani pd masa purba," tulis akun @gunungrinjani_nationalpark pada 17 Maret 2021.

Pada 1994, permukaan danau terangkat naik karena aktivitas letusan Gunung Rinjani. Lalu, muncul gunung baru atau Anak Gunung Baru Jari, yang kemudian memperkuat daya tarik wisatawan untuk mendaki Gunung Rinjani.

3 dari 3 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.