Sukses

Sajian Timur Tengah Andalan Hotel Bintang 4 di Tangerang untuk Buka Puasa, dari Umm Ali sampai Kushari

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan Ramadan, tak lengkap rasanya bila tidak membahas hidangan berbuka puasa. Berbagai macam sajian menarik menjadi satu, mulai dari takjil, hidangan utama, dan dessert mulai bermunculan saat Ramadan. Seperti yang ditawarkan oleh Novotel Tangerang, hotel bintang empat yang terletak di tengah Kota Tangerang itu menyuguhkan Middle East Fair Breakfasting alias makanan Timur Tengah. Executive Chef Salehun menjelaskan pilihan sajian itu karena Ramadan kerap diidentikkan dengan Timur Tengah.

Dimulai dengan kudapan sebagai takjil, Anda bisa mencicipi baklava. Makanan manis khas Turki ini bertekstur lembut sekaligus renyah. Tekstur renyah didapat dari cacahan kasar kacang pistachio, sedangkan campuran gula dan tepung membuatnya lembut dan manis saat disantap.

Butuh rekomendasi lainnya? Anda bisa mencicipi Umm Ali. Sekilas, tampilannya mirip dengan klappertart. Bagian atas kudapan khas Mesir ini ditaburi potongan kacang almond dan kismis. Teksturnya sangat lembut, dingin, dan creamy. Ditambah aroma kayu manis, kudapan ini makin membangkitkan selera. Sepotong umm ali cukup mengenyangkan untuk membatalkan puasa Anda.

Bila ingin langsung menyantap makan berat, Anda bisa mencoba nasi briyani daging kambing. Potongan dagingnya pas dan tekstur lembut. Sementara, nasinya dimasak bersama rempah-rempah yang membuat aroma khas.

Ada lagi kushari, makanan khas Mesir. Tampilannya mirip macaroni schotel, isiannya terdiri dari makaroni, nasi, dicampur saus tomat dan kacang arab. Rasanya perpaduan gurih, asam, dan manis.

"Makanan di sini semuanya all fresh. Untuk menu utama ada beragam, mulai dari daging, ayam, ikan, dan udang. Kurang lebih kami menyajikan 100 hingga 120 menu setiap harinya, termasuk di bulan Ramadan ini," kata Salehun, kepada Liputan6.com, Rabu, 14 April 2021.

 

 

2 dari 4 halaman

Terbuka untuk Umum

Salehun menjelaskan berbeda dari tahun sebelumnya yang didominasi nasi kebuli, kali ini pihak restoran menyiapkan berbagai pilihan nasi, seperti nasi putih, nasi goreng, dan nasi briyani. Selain itu, Novotel Tangerang juga masih menyediakan masakan Asia dan western.

"Selain itu, tahun kemarin belum diperbolehkan makan di tempat jadi tidak ada sistem booking, tapi promo tetap jalan. Sedangkan untuk tahun ini, sudah diperbolehkan makan di tempat dan booking serta promo masih jalan," ucap Salehun.

Untuk dapat menikmati makanan tersebut tidak perlu berstatus sebagai tamu hotel. Pengunjung umum juga dapat menikmatinya. Keseluruhan menu all you can eat itu dihargai Rp249 ribu per orang. (Melia Setiawati)

3 dari 4 halaman

Diplomasi Indonesia via Jalur Kuliner

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: