Sukses

Sajian Nasi Nusantara di Tengah Teduhnya Megamendung

Menikmati panorama Megamendung di Bogor kian lengkap rasanya sembari menyantap sajian tradisional.

Liputan6.com, Megamendung - Kolaborasi rasa yang kaya seketika tercipta kala menyantap nasi Nusantara. Pengalaman ini terasa kian seru dengan memanjakan mata menikmati panorama elok dan hijaunya pepohonan, seperti di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Di kawasan Megamendung kini hadir sebuah tempat yang menyediakan ragam sajian khas Nusantara bernama Candaka Puri. Sentuhan tradisional sangat lekat akan beragam santapan yang disuguhkan dan dikemas unik bercita rasa autentik.

Terdapat delapan nasi Nusantara yang ditawarkan, mulai dari Nasi Dewata, Nasi Seruni, Nasi Kecombrang, Nasi Huwi, Nasi Kuning, Nasi Jeruk, Nasi Brongkos, dan Nasi Tutug Oncom. Semuanya disajikan dalam bentuk tumpeng mini.

Nasi Tutug Oncom menjadi signature dish dari Candaka Puri. Menu ini terdiri atas nasi oncom yang dihidangkan bersama ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, sambal bawang, kerupuk udang, ikan asin peda, tumis leunca, dan timun.

"Nasi Huwi itu nasi ubi ungu. bahasa Sunda ubi itu huwi dan huwi itu kreasi kita, tapi nama Sundanya yang kita ambil," kata Mulia Denny selaku Pimpinan Candaka Puri ketika ditemui di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 8 April 2021.

Sedangkan, Nasi Seruni adalah nasi yang warna hijaunya didapatkan dari daun suji. Sajian ini dilengkapi dengan teri pakang, tempe oreg, serundeng manis, telur dadar iris, ayam goreng, balado kentang, bakwan jagung, kerupuk udang, sambal kacang, dan timun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Area Multifungsi

Bukan tanpa alasan hingga akhirnya sajian dalam bentuk tumpeng disuguhkan di Candaka Puri. Mulia menyampaikan, tumpeng dipilih karena keberagaman yang siap disajikan untuk tamu yang datang.

Selain nasi Nusantara, ada pula minuman tradisional yang ditawarkan. "Udara dingin tidak lengkap kalau tidak ada bandrek, bajigur, wedang uwuh," tambahnya.

Santapan tak jadi satu-satunya yang diandalkan di lokasi ini. Terletak di atas lahan seluas enam hektare, Candaka Puri juga memiliki mini ballroom, ruang pertemuan, ruang terbuka dan tertutup untuk kegiatan olahraga, wilayah dengan gazebo, hingga kandang dengan hewan seperti rusa, kuda, angsa, merak, hingga kura-kura.

3 dari 3 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.