Sukses

Pendakian Gunung Tambora Buka Kembali 1 April 2021, Simak Syarat-Syaratnya

Meski dibuka kembali pada 1 April 2021, ada beberapa aturan yang wajib dipatuhi oleh pendaki.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah ditutup sementara, Taman Nasional Tambora kembali dibuka mulai Kamis, 1 April 2021. Pembukaan jalur pendakian ke Gunung Tambora tertuang dalam surat pengumuman yang ditandatangani oleh kepala Balai Taman Nasional Tambora, Yunaidi pada 29 Maret 2021.

Dalam pengumuman itu disebutkan mulai 1 April 2021, seluruh jalur pendakian yang resmi di Taman Nasional Tambora kembali dibuka untuk aktivitas pendakian dan sejenisnya. Setiap pendaki atau wisatawan yang berkunjung ke Gunung Tambora wajib mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain itu, pendaki atau wisatawan juga wajib membawa surat keterangan bebas Covid-19. Bagi pendaki atau pengunjung yang datang dengan pesawat udara wajib memeriksa ulang bebas Covid-19 dari rumah sakit/klinik/puskesmas di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

Kemudian, aktivitas pendakian dan berkemah tidak boleh lebih dari 3 hari 2 malam. Kuota pendaki dibatasi hanya 30 persen dari daya dukung dan daya tampung wisata Taman Nasional Tambora.

Setiap pendaki atau wisatawan diharapkan menjaga beberapa hal, mulai dari menjaga kebersihan kawasan, ketertiban, keaman, kenyamanan pengunjung serta kelestarian kawasan dengan tidak menebang pohon atau ranting, vandalisme, dan atau kegiatan lain yang menganggu ekosistem kawasan Taman Nasional Tambora.

Kemudian, pendaki atau wisatawan yang ke Gunung Tambora diminta melapor kepaada petugas dan registrasi di setiap pintu masuk jalur pendakian. Mereka juga harus membayar tiket kawasan Taman Nasional Tambora sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Pendakian

Disampaikan pula, kepada seluruh pegawai Balai Taman Nasional Tambora, Forum Guide dan Porter dan mitra pengelolaan pendakian di Taman Nasional Tambora diminta untuk mengumumkan, mensosialisasikan dan mematuhi pengumuman ini.

Sementara, pembukaan ini berdasarkan update dari BPBD Provinsi NTB terkait risiko penularan Covid-19 di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu yang termasuk klasifikasi risiko sedang. Kemudian, pemantauan cuaca melalui situs web BMKG wilayah Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu yang semakin membaik.

"Tetap taati peraturan yang ada ya #lengatambora dan utamakan keselamatan. Salam Lestari," bunyi keterangan dalam akun Instagram resmi Balai Taman Nasional Tambora.

 
3 dari 3 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.