Sukses

Hati-Hati, Terlalu Lama Beraktivitas Online Bikin Stres Berlebihan

Beraktivitas online yang tidak terkontrol bisa menimbulkan gangguan psikologi yang disebut kewaspadaan online. Simak tanda-tandanya.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak aktivitas beralih secara online. Meski terkesan memudahkan, beraktivitas online yang terlalu lama justru tak baik untuk kesehatan mental. Studi terbaru menemukan alasan online terlalu lama dapat menyebabkan stres.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Human Communication Research ini menganalisis sikap waspada seseorang saat online. Sikap ini dikenal dengan kewaspadaan online atau online vigilance.

Kewaspadaan online membuat seseorang terus menerus mengecek email, WhatsApp, Instagram, media sosial lain, situs web, dan bahkan situs belanja online. Tanda-tanda orang yang sudah terperangkap dalam kewaspadaan online ini adalah selalu memikirkan dunia online, membuka banyak tab, dan langsung bereaksi saat menerima pemberitahuan.

Hasil studi ini menunjukkan terdapat hubungan antara waktu yang dihabiskan seseorang secara online dengan tingkat stres mereka. Semakin lama online, semakin tinggi pula stres yang dialami.

Menurut peneliti, kebiasaan online yang berpindah dari satu situs, media sosial, dan aplikasi membanjiri pusat perhatian otak sehingga otak bekerja secara multitasking dan menimbulkan stres yang berlebihan.

"Multitasking secara konsisten terkait dengan tingkat stres yang dirasakan lebih tinggi. Hasil ini mereplikasi temuan sebelumnya yang menunjukkan hubungan antara multitasking media dan stres yang dirasakan," tulis peneliti, dikutip dari Metro UK, Sabtu, 23 Januari 2021.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solusi Pertama

Selain itu, suara dari notifikasi juga memberikan tekanan lebih pada otak. Jika tidak merespons terhadap pemberitahuan tersebut, tubuh cenderung akan merasa bersalah.

Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar seseorang dapat fokus melakukan satu kegiatan saat beraktivitas online. Luangkan pula waktu tanpa menyentuh ponsel.

Matikan pula tanda pemberitahuan dari berbagai aplikasi agar Anda bisa rehat sejenak dari segala kegiatan online. Stres berlebihan di tengah situasi pandemi tidak akan menguntungkan Anda karena akan menurunkan imunitas tubuh. Padahal, ketahanan tubuh paling dibutuhkan untuk melawan infeksi Covid-19. (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Kunci Hadapi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.