Sukses

Eropa Bakal Tambah 13 Rute Kereta Malam, Berkeliling Benua Biru Lebih Ramah di Kantong

Perluasan rute kereta malam itu melibatkan empat perusahaan kereta api nasional di Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta malam di Eropa bersiap meluncurkan rute baru yang akan menghubungkan 13 kota di benua biru. Empat perusahaan kereta api nasional terlibat dalam proyek perluasan jaringan kereta malam Eropa yang terbesar dalam beberapa tahun ini.

Dikutip dari Lonely Planet, Kamis, 14 Januari 2021, empat tahun lalu, perusahaan kereta Jerman, Deutsche Bahn, mengatakan kalau kereta malam tak banyak peminat. Tetapi, perubahan iklim dan pandemi virus Corona mengubah cara para pelancong pergi dari A ke B. Terlebih, beberapa perjalanan kereta api Eropa sebenarnya lebih cepat dari pada pesawat terbang.

Saat ini, perusahaan kereta api di Jerman, Austria, Prancis, dan Swiss membentuk kemitraan dengan dana investasi US$605 juta untuk menghidupkan kembali layanan kereta malam. Lima rute diharapkan diluncurkan dalam empat tahun ke depan.

Pada Desember 2021, layanan kereta malam baru akan beroperasi antara Wina dan Paris melalui Munich, serta antara Zurich dan Amsterdam. Selanjutnya, kereta malam antara Zurich dan Roma akan beroperasi dengan jadwal mulai Desember 2022.

Lalu pada Desember 2023, kereta malam antara Wina dan Paris akan melakukan perjalanan melalui Berlin dan Brussel. Berlanjut dengan kereta malam antara Zurich dan Barcelona yang direncanakan beroperasi mulai Desember 2024.

Secara terpisah, Swedia mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka berencana untuk memperkenalkan layanan kereta malam internasional baru ke Jerman dan Belgia pada 2022. Rute baru itu akan menghubungkan kota-kota Swedia ke Hamburg dan Brussel, memungkinkan koneksi cepat ke Eropa tengah dan Inggris.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Tiket

Layanan kereta malam baru berbiaya murah antara Praha dan pesisir Kroasia telah dimulai pada musim panas yang lalu. Layanan tersebut direspons positif oleh penumpang sehingga jadwal layanan ini ditambah untuk beroperasi setiap malam.

Dalam minggu-minggu perdananya, lebih dari 30 ribu tiket terjual. Beberapa kereta telah habis dipesan berkat tiket yang dihargai 22 euro (sekitar Rp378 ribu) sekali jalan. (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Kereta-Kereta Tercepat di Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.