Sukses

Dari Tempat Awal Pandemi, Wuhan Kini Jadi Kota Teraman di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Satu tahun berlalu, pandemi corona Covid-19 seolah sudah berangsur lenyap di Wuhan, Tiongkok. Wuhan yang diyakini sebagai tempat pertama munculnya wabah, bahkan sudah berpesta merayakan tahun baru tanpa menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Para penduduk di sana kini berbangga dan menjuluki Wuhan sebagai kota paling aman dari Covid-19.

"Wuhan adalah kota teraman di Tiongkok sekarang, bahkan di seluruh dunia," ucap seorang penduduk Wuhan berusia 66 tahun, Xiong Liansheng. "Kesadaran orang-orang Wuhan tentang pencegahan dan pengendalian epidemi sangat tinggi bahkan cucu saya yang berusia dua tahun akan mengenakan masker saat keluar," ungkap Xiong seperti dilansir dari Daily Mail, 11 Januari 2021.

Wuhan juga cepat bereaksi ketika muncul kasus baru. Mereka langsung menutup tempat umum seperti pasar setelah pengujian massal terdapat kasus positif Covid-19.

Sementara itu, setelah perselisihan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tiongkok akhirnya mengatakan para ahli independen dari WHO diizinkan masuk ke Wuhan pada 14 Januari nanti.

Dengan begitu ahli WHO bisa menelusuri kembali secara rinci awal virus di kota tersebut. Wuhan kini telah bangkit kembali dan penduduknya menikmati kebebasan.

Mereka bisa bebas ke kantor, dan yang lainnya berjalan di sepanjang tepi sungai, sangat kontras dengan negara-negara yang masih dikunci dan dibatasi secara ketat.

Sekolah-sekolah di kota tersebut pun telah dibuka kembali sepenuhnya sejak September 2020. "Semua orang Wuhan merasa sangat aman di kota, dan kami datang ke sini dan menari dengan gembira setiap hari," kata seorang warga.

2 dari 4 halaman

Baru Wuhan yang Aman

Wuhan juga sudah membuka penerbangan internasional sejak September lalu, termasuk dari Indonesia, tentunya mereka yang datang harus terbukti negatif Covid-19.

Saat perayaan Tahun Baru 2021, ribuan warga memenuhi pusat kota Wuhan Dilansir dari AFP, polisi di Wuhan mendirikan pagar untuk mencoba mencegah kemacetan di sekitar menara jam Customs House.

Namun langkah tersebut sayangnya tidak efektif karena banyaknya jumlah orang yang berkumpul, yang sebagian besar adalah kalangan muda. Sebagian besar warga yang berkumpul dengan mengenakan masker itu pun datang juga untuk menyaksikan pertunjukan cahaya.

Wuhan memang bisa dibilang mulai normal, tapi kota lain di China masih waspada. Salah satunya di Provinsi Hebei, Tiongkok utara. Terdapat 127 kasus Covid-19 baru, ditambah 183 infeksi tanpa gejala tambahan, dalam seminggu terakhir. Sebagian besar ditemukan di Shijiazhuang. Sembilan kasus yang dikonfirmasi terjadi di kota tetangga Xingtai.

3 dari 4 halaman

Infografis Wuhan Kota Mati Akibat Virus Corona.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: