Sukses

Sebelum Liburan Natal dan Tahun Baru, Simak Daftar 64 Wilayah Zona Merah Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang akan pergi liburan Natal dan Tahun Baru, ada baiknya memantau dan mencari informasi lebih dulu tentang daerah-daerah mana saja yang cukup aman dari risiko terpapar pandemi corona Covid-19.

Satuan Tugas Penanganan atau Satgas Covid-19 mengungkapkan lonjakan kasus positif corona dalam satu pekan terakhir berbanding lurus dengan penambahan daerah zona resiko tinggi alias zona merah corona.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, memaparkan bahwa zona merah terus bertambah dari pekan sebelumnya menjadi 64 kabupaten/kota (12,45 persen) dari sebelumnya 47 kabuupaten/kota.

"Sangat disayangkan, pada minggu ini jumlah kabupaten/kota yang berada di zona risiko tinggi mengalami peningkatan yang signifikan. Pada minggu lalu, sebanyak 47 kabupaten/kota berada pada zona risiko tinggi, namun jumlah ini meningkat menjadi 64 kabupaten/kota pada minggu ini," ungkap Prof Wiku alam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, 15 Desember 2020.

Sementara, itu, zona resiko atau zona hijau semakin berkurang karena tidak ada kasus di 7 kabupaten/kota (1,36 persen) dan tidak terdampak 4 kabupaten/kota (0,78 persen).

Kemudian zona resiko sedang atau oranye juga meningkat menjadi 380 kabupaten/kota (73,93 persen), dan zona resiko rendah atau kuning menjadi 59 kabupaten/kota (11,48 persen).

"Mayoritas kabupaten/kota masih merasa nyaman untuk berada di zona risiko sedang, dan jumlahnya juga mengalami peningkatan dibanding minggu lalu. Kalau sebelumnya sebanyak 371 kabupaten/kota berada pada zona risiko sedang, pada minggu ini jumlahnya meningkat menjadi 380 kabupaten/kota," ucap Prof Wiku.

2 dari 4 halaman

Jawa Tengah Terbanyak

Dari zonasi peta risiko itu, Provinsi DKI Jakarta hanya mencatat Jakarta Selatan sebagai zona merah. Sedangkan lima kabupaten/kota lainnya masuk kategori zona oranye atau wilayah dengan penularan Covid-19 sedang. Adapun, zona merah terbanyak pekan ini terdapat di Jawa Tengah dengan 17 kabupaten/kota.

Disusul Provinsi Jawa Barat dengan 8 kabupaten/kota. Kedua provinsi ini memang mencatatkan peningkatan kasus cukup tinggi dalam seminggu terakhir.

Berikut daftar 64 kabupaten/kota zona merah di Indonesia per 15 Desember 2020:

Jawa Tengah: Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Wonogiri, Sragen, Blora, Rembang, Pati, Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Tegal, Brebes, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kota Tegal

Jawa Barat: Garut, Majalengka, Karawang, Bekasi, Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Cimahi

Jawa Timur: Tuban, Kota Blitar, Kota Malang, Kediri, Jember, Banyuwangi.

Kalimantan Tengah: Kotawaringin Barat, Kapuas, Seruyan, Lamandau, Gunung Mas, Barito Timur, Kota Palangkaraya.

Sulawesi Utara: Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Kota Manado, Kota Tomohon.

Sulawesi Tengah: Morowali, Kota Palu, Bantaeng

Banten: Serang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan

Jambi: Kerinci, Tebo

Bengkulu: Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu

Bali: Gianyar, Tabanan

Sumatera Selatan: Kota Palembang

Sulawesi Tenggara: Konawe Utara

Nusa Tenggara Timur: Kota Kupang

Nusa Tenggara Barat: Sumbawa

Maluku: Maluku Tenggara BaratKalimantan Utara: Kota Tarakan

DKI Jakarta: Jakarta Selatan

DI Yogyakarta: Kota Yogyakarta.

3 dari 4 halaman

Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: