Sukses

Berawal dari Tugas Skripsi, Bisnis Kado Online Raih Omzet Miliaran

Liputan6.com, Jakarta – Memiliki usaha sendiri merupakan dambaan banyak orang. Berbagai keuntungan seperti potensi pemasukan yang lebih besar, kebebasan mengatur waktu, dan tentunya dapat bekerja sesuai passion, telah menarik hati sebagian besar orang untuk banting setir memasuki dunia usaha.

Perpaduan antara ide dan dukungan berbagai platform yang menyediakan beragam kemudahan berjualan dapat dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis yang menarik. Kalau saat ini Anda sedang merintis usaha, anda bisa melihat inspirasi dari salah satu usaha kado online Box & Tale (Instagram: @boxandtale) yang saat ini tengah naik daun.

Sebuah layanan penyedia kado personal berbasis website yang dapat disesuaikan untuk berbagai acara seperti ulang tahun, wisuda, dan pernikahan. Bermula dari tugas akhir skripsi, mahasiswa – mahasiswi muda ini dapat mengubah ide mereka menjadi sebuah bisnis kado online Box & Tale dengan omzet miliaran. Apa saja kunci sukses mereka?

1. Kenali TARGET CUSTOMER Anda

Tahap pertama untuk mengembangkan ide bisnis adalah dengan menentukan siapa yang akan membeli produk atau menggunakan layanan anda. Bagilah berdasarkan gender, usia, domisili, dan juga penghasilan. Kenali kebiasaan mereka dan temukan kebutuhan mereka, hal ini merupakan kesempatan penting yang dapat anda ubah menjadi peluang bisnis.

2. Buat UNIQUE SELLING POINT.

Setelah anda mengetahui calon pembeli, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menentukan apa yang akan anda tawarkan kepada calon pembeli tersebut.

Berangkat dari kebutuhan dan kebiasaan target customer, anda bisa menyusun nilai jual yang akan membuat mereka tertarik untuk membeli produk atau menggunakan layanan anda. Buatlah nilai jual seunik mungkin agar bisnis anda berbeda dari yang lain.

3. Tentukan CHANNEL bisnis

Jika anda sudah menemukan target customer dan nilai jual bisnis, langkah berikutnya adalah menentukan channel. Channel ini adalah tempat dimana calon pembeli dapat menemukan usaha anda, bisa melalui social media, e-commerce, website pribadi, dan masih banyak lagi. Pilih channel yang paling sering dikunjungi oleh customer anda dan sesuai dengan bisnis anda.

4. Bangun CUSTOMER RELATIONSHIP

Customer Relationship adalah bagaimana anda menyampaikan produk atau layanan unik anda pada calon pembeli. Hal ini sangat penting dan dilakukan secara berdampingan pada channel usaha yang anda pilih agar bisnis anda dapat berjalan dengan baik.

Berilah pelayanan terbaik untuk setiap customer, ciptakan word of mouth yang baik. Kegiatan seperti campaign, iklan, dan juga pendampingan personal dengan customer bisa digunakan sesuai dengan usaha kalian.

5. Lakukan Riset Sebanyak Mungkin

Cobalah untuk mencari tahu sebanyak mungkin mengenai industri bisnis yang akan anda masuki. Kenali kompetitor anda dan bagaimana kebiasaan pembelian calon customer, banyak sekali insight yang bisa didapatkan dari hal tersebut. Mintalah sahabat, keluarga, dan orang terdekat anda untuk mencoba produk dan layanan, gali sebanyak mungkin masukan dari banyak orang.

Beberapa tips versi Box & Tale brand terkenal dibawah naungan PT KISAH MENARA ABADI di atas dapat anda gunakan untuk mulai mengembangkan ide bisnis impian anda.

Selain itu, melalui Google dan Youtube juga banyak sekali hal yang dapat kalian pelajari untuk menunjang bisnis anda ditambah dengan usaha yang tekun dan komitmen, tentunya usaha anda akan membuahkan hasil terbaik. Selamat mencoba!