Sukses

Dewi Sukarno Unggah Foto Lama, Wajah Mudanya Ceria di Pengasingan

Di usianya yang genap 80 tahun, Dewi Sukarno masih aktif di dunia entertainment, bisnis, dan juga media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ratna Sari Dewi Soekarno, atau lebih dikenal dengan Dewi Sukarno sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun lamanya. Di usianya yang genap 80 tahun, salah satu istri presiden pertama Indonesia, Ir. Sukarno ini masih eksis di media sosial.

Melansir AsiaOne, Rabu, 11 November 2020, wanita kelahiran 1940 ini baru saja bergabung dengan salah satu serial drama Jepang, “The Confidence Man JP: Princess”. Di usianya yang lebih dari tiga perempat abad, kecantikan dan penampilannya yang terlihat awet muda itu membuat para penggemarnya terkagum-kagum.

Di balik kehidupannya yang glamor, wanita asal Jepang yang aslinya bernama Naoko Nemoto ini memiliki masa muda yang penuh tantangan. Di masa remajanya, ia terpaksa berhenti dari bangku SMA untuk bekerja di sebuah klub, tempat ia belajar menyanyi dan menari, demi mewujudkan impiannya menjadi seorang bintang.

Pada usia 19 tahun, ia bertemu dengan Sukarno yang saat itu berusia 57 tahun, di sebuah bar di Tokyo saat sedang berkunjung ke Jepang. Mereka pun menjalin tali asmara dengan berbagai konflik dan pro-kontra. Meskipun Soekarno sudah menikah, tak lama kemudian Dewi ikut ke Indonesia bersama Bung Karno sebagai kekasihnya. Tepatnya pada 1959.

Tiga tahun kemudian keduanya menikah. Dewi menjadi istri kelimanya, sekaligus sebagai ibu negara Indonesia. Ia juga sering menghadiri acara sosial penting bersama Soekarno. Mereka juga dikaruniai seorang putri bernama Kartika Soekarno.

Sayangnya, hari-hari indah itu tidak berlangsung lama. Pada 1967, kudeta meletus di Indonesia dan Sukarno digulingkan oleh bawahannya. Salah satu proklamator itu tetap dalam tahanan rumah sampai kematiannya pada 1970. Sementara, Dewi hidup berpindah-pindah di pengasingan bersama sang putri. Mereka lama tinggal di Paris, tetapi juga sempat menetap di Swiss dan New York.

Setelah Sukarno wafat, Dewi aktif dalam bisnis pertunjukan Jepang dengan karismanya yang tiada henti. Dia dikenal sebagai "Nyonya Dewi". Tinggal di Tokyo, Dewi Sukarno sekarang menjalankan bisnis kecantikan dan perhiasannya sendiri, sambil sesekali tampil sebagai juri kontes kecantikan di televisi Jepang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Unggah Potret di Pengasingan

Baru-baru ini, Dewi mengunggah foto hitam putih dirinya dan sang putri saat berada dalam pengasingan. Unggahan Instagram tersebut ditulis dengan keterangan yang menjelaskan bahwa foto itu diambil pada 1967 ketika dia berusia 27 tahun, sambil menggendong putrinya yang berusia 6 bulan.

Terlepas dari kekacauan dan pergumulan yang dia hadapi saat di pengasingan, Dewi tetap terlihat cantik dalam foto, menggendong putrinya dan tersenyum bahagia. Unggahan itu membuat pengguna media sosial berkomentar, “Dia sangat cantik ketika masih muda”. Ada pula yang berkomentar “Seorang ibu akan menjadi kuat untuk anak mereka".

Sementara itu, eksistensi sang putri bernama lengkap Karina Kartika Sari Dewi Soekarno, di media sosialnya juga cukup signifikan. Wanita 53 tahun yang kini tinggal di Belanda ini memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2020 dengan mengunggah lukisan wajah sang ayah sambil berkomentar bangga.

Saya suka sekali seni jalanan di Djogja, yang baru-baru ini. Ayah saya tetap berada di dalam hati orang-orang, bahkan di generasi muda yang baru saja menciptakan ini. Selamat Hari Pahlawan Nasional Indonesia,” tulisnya dalam akun Instagram @kartikasoekarnofoundation. (Brigitta Valencia Bellion)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.