Sukses

Potret Monyet Ekor Panjang Bersantai di Marina Bay Sands, Warganet Dibuat Bingung

Liputan6.com, Jakarta - Ada pemandangan berbeda di area Marina Bay Sands, Singapura. Di antara pengunjung yang tak terlalu banyak akibat kedatangan menurun di masa pandemi, terdapat seekor monyet ekor panjang tampak jalan-jalan di kawasan populer bagi turis tersebut.

Lewat sederet potret, aktivitas hewan ini pun diabadikan. Pada foto-foto tersebut, ia seolah tengah menjalani pemotretan setelah berkeliaran di dekat Museum Artscience di Marina Bay Sands.

Hutan beton yang jadi khas pemandangan pun tak absen dari gambar. Melansir laman AsiaOne, Rabu, 14 Oktober 2020, hewan asli dari area hutan Singapura ini entah bagaimana menemukan jalan ke tepi sungai yang populer di kota pada awal Oktober lalu, menurut pengguna Facebook, Sabrina K. Nguyen.

Pada sejumlah foto di halaman grup Nature Society (Singapura), Nguyen bercerita melihat monyet itu saat lari di dekat Marina Bay Sands. Ia pun mengutarakan keprihatinan tentang bagaimana monyet itu bisa sampai di sana.

Kendati demikian, monyet ekor panjang tersebut tak tampak gelisah. Ia menikmati waktu memanjat pagar, bermain dengan bunga teratai yang sedang tumbuh, bahkan berpose untuk foto turis dengan latar belakang gedung pencakar langit di seberang Sungai Singapura.

Sebagian besar warganet terkagum akan foto monyet tersebut, yang lain bertanya-tanya bagaimana primata itu berhasil menemukan jalan ke sana. "Sedikitnya orang membuatnya memutuskan untuk liburan sebentar," tulis salah satu pengguna Facebook.

2 dari 3 halaman

Imbauan tentang Pemandangan Monyet Ekor Panjang

Mendapati pemandangan tersebut, Dewan Taman Nasional (NParks) mencatat, hewan-hewan itu pada dasarnya ingin tahu dan ditarik keluar dari hutan untuk menjelajahi, sekaligus mencari makanan secara mandiri.

Namun, pihaknya sangat menyarankan agar publik tak memberi makan monyet jika bertemu mereka di tempat terbuka. Juga, sebaiknya tak melakukan gerakan tiba-tiba di dekat mereka.

Pada dasarnya, minimalkan saja kontak apa pun dengan hewan tersebut. Anda tidak ingin hewan liar mengunyah kemasan makanan yang dibuang dan mencuri di supermarket.

"Masyarakat perlu memainkan peran untuk membantu monyet kembali ke hutan dan mendapat kembali perilaku alami dalam mencari makan," kata NParks.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: