Sukses

6 Trik Belanja Online yang Lebih Hemat, Untung dan Bikin Happy 

Liputan6.com, Jakarta Di tengah masa pandemi saat ini, belanja online menjadi pilihan paling aman dan praktis untuk masyarakat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan lifestyle. Bermodalkan gadget dan internet, seseorang bisa berbelanja kapan pun dan dimana pun, tanpa harus ke luar dari rumah. Kontak fisik pun bisa diminimalisir karena transaksi bisa dilakukan secara online.

Namun di balik sejumlah kelebihan tersebut, belanja online juga rawan penipuan. Mulai dari kualitas barang yang tidak sesuai ekspektasi, after sales yang buruk sampai packaging yang asal-asalan sehingga barang berisiko rusak. Oleh sebab itu diperlukan kehati-hatian sebelum benar-benar melakukan transaksi pembayaran atau pembelian.

1. Gunakan Situs Belanja Online Terpercaya

Banyak sekali situs belanja online yang bisa diakses oleh masyarakat Indonesia. Jangan terkecoh dengan desain dan penampilan situs, kamu harus mengetahui track record. Pilihan terbaik dan aman adalah memilih marketplace ternama dan terpercaya yang memiliki aplikasi khusus di Playstore maupun Appstore. Pastikan memiliki call center dan layanan konsumen yang jelas sehingga jika nantinya ada masalah pada transaksi bisa memberikan solusi aman buat kamu. 

2. Pilih Seller dengan Reputasi Bagus

Dalam sistem marketplace terdapat berbagai banyak toko online dan akun para penjual. Diantara mereka, ada saja toko online atau penjual yang bersikap kurang profesional. Sehingga jika tidak ingin dirugikan pilih seller yang memiliki reputasi bagus yang biasanya diperlihatkan dari tanda bintang maupun angka.

Kamu juga perlu memperhatikan komentar dari para pembeli lain. Selain itu, jangan selalu terpaku pada official merchant, kamu juga bisa melirik toko online biasa yang memang sudah memiliki banyak follower dan banyak sukses menjual barang.

 

2 dari 2 halaman

3. Baca Deskripsi Produk dengan Teliti

Foto barang bisa menipu dan tidak sesuai dengan kondisi aslinya. So, jangan membeli barang sebelum membaca deskripsi produk dengan baik dan lengkap. Mulai dari ukuran, bahan, dan lain-lain yang berkaitan dengan produk yang ingin dibeli. Baca juga komentar dan hasil review pembeli lain untuk mengetahui keaslian maupun kualitas barang yang kamu taksir. 

Dalam deskripsi itu, penjual juga biasanya mencantumkan syarat dan ketentuan yang harus dipahami para pembeli sebelum bertransaksi. Misalnya untuk keamanan pengiriman, garansi, dan lain-lain.

4. "Check and Recheck" Produk yang Harga Murah

Jangan mudah tergiur dengan produk yang harganya murah. Pastikan untuk "Check and Recheck". Jangan sampai ekspektasi kamu barang original, namun kenyataannya "KW" atau tiruan. Periksa testimoni konsumen dan bandingkan dengan harga asli di pasaran maupun toko lain. 

5. Jangan Ragu Bertanya dan Minta Jaminan

Ketika memilih untuk belanja online biasakan untuk bertanya kepada penjual. Manfaatkan fitur chatting dan diskusi yang ada. Sekaligus kamu bisa minta jaminan terhadap keaslian dan spesifikasi barang yang dijual. 

6. Manfaat Promo dan Diskon

Untuk menghemat pengeluaran belanja online kamu, sekaligus mendapatkan keuntungan dan kepuasaan dalam berbelanja manfaatkan setiap promo dan diskon yang ada. Cek baik-baik hari, tanggal, dan jam berlakunya promo dan diskon tersebut. 

Perihal promo dan diskon, salah satu marketplace terbesar dan terlengkap di Indonesia setiap akhir bulan selalu membuat pesta promo seru. Nama programnya pun menarik "Waktu Indonesia Belanja". Mulai dari kejar diskon Rp 99 ribu, cashback spesial, hingga bebas ongkir.

Itulah trik belanja online yang lebih hemat, untuk dan bikin happy. Ingat, belanja sesuai kebutuhan dan kemampuan kamu ya. Gunakan uang dengan bijak, jangan sampai besar pasak daripada tiang.

 

(*)