Sukses

China Punya 2.300 Jembatan Kaca, Salah Satunya Terpanjang di Dunia

Liputan6.com, Jakarta -  China punya banyak tempat wisata yang menarik dan memukau. Salah satunya adalah jembatan kaca. Jembatan kaca yang terbentang di atas Sungai Lianjiang di Qingyuan, Provinsi Guangdong itu diketahui sebagai penghubung kaca terpanjang di dunia.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, jembatan kaca itu mencetak rekor dunia dengan terbentang sepanjang 526 meter, menggantung di ketinggian sekitar 201 meter, di atas Sungai Lianjiang. Jembatan itu menyuguhkan pemandangan indah tiga ngarai Huangcuan di China Selatan.

Jembatan kaca itu bisa mampu menampung 500 orang sekaligus. Wisatawan juga dapat melakukan bungee jumping, zip line atau menggunakan jembatan sebagai landasan peragaan busana.

Institut Penelitian dan Desain Arsitektur Universitas Zhejiang merancang jembatan itu sebagai destinasi wisata di daerah tersebut. Jembatan ikonik ini dibuat dengan beberapa perluasan untuk platform, dengan lebar sekitar 28 kaki.

Mereka yang melintas bisa berhenti sejenak untuk berfoto saat melewati jalan kaca yang cukup mendebarkan sekaligus menakjubkan. Beberapa video bahkan memperlihatkan jembatan kaca tersebut dapat dilintasi mobil.

Kaca yang digunakan pada pondasi jembatan ini berwarna transparan dengan kadar 99,15 persen dan terbuat dari tiga lapisan dengan tebal 4,5 cm. Pagar pembatasnya pun terbuat dari baja tahan karat. Desain jembatan kaca sengaja dirancang supaya tembus pandang untuk memberi sensasi berjalan ratusan kaki di atas sungai yang mengalir dan perahu yang berlalu-lalang.

2 dari 3 halaman

Ditutup karena Penuh Pengunjung

China mempunyai sekitar 2.300 jembatan kaca yang sebagian besar dibangun dalam beberapa tahun terakhir. Proyek jembatan baru masih terus bermunculan untuk mendapatkan gelar terbesar, terpanjang dan paling menakutkan

Pada 2016, Jembatan Kaca Grand Canyon Zhangjiajie menjadi jembatan kaca terpanjang di dunia dengan ketinggian 1.410 kaki dan panjang sekitar 429 meter. Sayangnya, jembatan tersebut ditutup dua minggu setelah pembukaannya karena dipenuhi oleh pengunjung.

Pada 2017, jembatan gantung Hongyagu memecahkan rekor terpanjang dan paling menakutkan. Jembatan setinggi 1.600 kaki dan panjang 467 meter itu dan dirancang bergoyang saat orang berjalan melewatinya sehingga dapat menjadi lokasi uji keberanian. Anda berani mencoba?

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: