Sukses

Perdana di Indonesia, Layanan Pembayaran Tanpa Kasir Saat Belanja Keperluan Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncurkan situs web dan aplikasi, IUIGA menjawab permintaan konsumen dengan membuka gerai pertama di Mall of Indonesia, Jakarta. Mengusung konsep IUIGA Retail+, IUIGA Indonesia tawarkan layanan pembayaran tanpa kasir bagi para pengunjung.

Berdasarkan keterangan resmi pada Liputan6.com, Sabtu, 29 Agustus 2020, dijelaskan bahwa IUIGA Retail+ merupakan konsep yang berhasil diterapkan di seluruh gerai IUIGA di Singapura untuk pengalaman berbelanja lebih baik. Teknologi yang diterapkan antara lain pemindaian kode QR untuk mendapatkan informasi produk, pabrik yang digunakan, transparansi harga, hingga ulasan mengenai produk.

Selain itu, IUIGA Retail+ juga menawarkan self-checkout dan self-collection bagi konsumen. Hal ini, menjadikan IUIGA sebagai ritel pertama di Indonesia yang memungkinkan konsumen melakukan pembayaran tanpa kasir atau self-checkout.

"IUGA berkomitmen untuk selalu berinovasi demi memberi pelayanan terbaik bagi para konsumen," kata William Firman, Managing Director IUIGA Indonesia.

"Kami percaya kebutuhan untuk melihat dan merasakan suatu barang sebelum membeli masih sangat tinggi. Maka dari itu, di masa transisi seperti ini, kami menghadirkan self-checkout untuk mengurangi interaksi dan baris antrean kasir di dalam toko," imbuhnya.

Edward Joesoef selaku Group Chief Strategy Officer Konimex Group meyakini gerai fisik tak akan mati dan masih akan terus berkembang, terutama bagi produk-produk rumah tangga yang mengutamakan kualitas.

"Selain itu, keberadaan gerai dapat membantu para konsumen mengutarakan keluhan atau kekhawatiran mereka secara langsung terhadap suatu produk yang mereka beli, sekaligus meningkatkan kepercayaan pasar terhadap suatu brand,” katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Promosi Pembukaan Gerai

Seiring tinggi permintaan, banyak perusahaan besar ikut memproduksi barang keperluan rumah tangga. Fenomena ini sebenarnya bisa ditangkap dari sisi lain, di samping bertambahnya pilihan untuk pelanggan.

"Menurut saya, hal ini menuntut pelanggan lebih cerdas dalam memutuskan produk kebutuhan rumah yang akan dibeli. Meski banyak produk di pasaran, tidak semua produk menawarkan kualitas yang sama," kata Danang Rahardian, Tech Reviewer.

Di situlah gerai fisik berperan sebagai sarana memastikan produk paling sesuai atau menyampaikan kendala dari produk yang dibeli. "Saya tahu harus ke mana untuk menukar barang jika produk saya tidak sesuai atau jika saya ingin mengklaim garansi barang," imbuhnya.

Dalam rangka peresmian gerai pertamanya, IUIGA menawarkan promo potongan harga untuk pembelian tiga produk sebesar 20 persen. IUIGA Indonesia juga menawarkan self-collection bagi konsumen yang telah membeli barang secara online untuk dapat mengambil barang tersebut di gerai IUIGA.

Hal ini ditujukan bagi konsumen yang tidak berada di rumah, atau tidak ingin menunggu barang datang dengan pengiriman melalui kurir.