Sukses

Tips Membuat Vlog dengan Praktis dan Kreatif

Sebaiknya durasi konten vlog nggak terlalu panjang atau terlalu pendek.

Liputan6.com, Jakarta – Bagi mereka yang sangat awam soal kamera merekam video bisa jadi sesuatu yang rumit. Padahal sekarang ada teknologi bernama smartphone. Tak perlu terjebak di peralatan yang fancy, kamu bisa bikin konten catchy cuma bermodal smartphone.

Banyak juga vlogger atau Youtuber yang mengandalkan kamera smartphone dan bikin konten yang impactful tapi juga menarik dilihat. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini tips bikin vlog pakai smartphone.

Tentukan Durasi

Sebaiknya durasi konten vlog nggak terlalu panjang atau terlalu pendek. Kecuali yang kamu bikin memang lagu atau musik aransemen gitu.

Sebaiknya durasi vlog yang kamu buat berkisar 120-30 menit, kecuali kamu adalah seseorang. Jika terlalu panjang, umumnya viewers akan merasa bosan. Tapi bukan berarti kamu nggak boleh bikin konten sepanjang 1-2 jam. Sah-sah aja. Apalagi kalau kamu sendiri sudah jadi content creator terkenal. Ide mampir, langsung eksekusi!

Bikin Thumbnail yang Menarik

Ibarat buku butuh cover yang menarik, video di YouTube dan Instagram juga butuh thumbnail yang menarik supaya mentrigger orang mau nonton. Sebaiknya thumbnail image dipilih berdasarkan adegan menarik yang diambil dari video yang kamu rekam. Selanjutnya kamu harus mengkombinasikan thumbnail dengan judul yang menarik, supaya orang mau nonton.

Pilih Smartphone dengan Kamera Mumpuni

Karena merekam menggunakan smartphone, pastikan kamu menggunakan kamera smartphone yang nggak main-main. Seperti Oppo Reno 4, yang dilengkapi kamera beresolusi 48 megapixel. Nggak sampai di situ, kamera juga disematkan fitur Ultra Clear Image yang memungkinkan pengguna menjepret foto beresolusi 108 MP!

Soal rekaman video, ada fitur di Oppo Reno 4 yang belum ada, nih, di smartphone lain. Ada AI Slow Motion yang mampu merekam 960 frame per second (fps). Di mana sebelumnya fitur ini hanya terdapat pada jajaran smartphone flagship beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, ada Monochrome Video yang bisa bikin warna objek dan latar bisa dipisahkan menjadi berwarna berpadu hitam-putih. Bisa juga dilakukan sebaliknya.

Satu lagi yang spesial soal video, Reno 4 dilengkapi fitur Front Steady Video untuk kamera depan dan Ultra Steady Video 3.0 berbekal electronic image stabilization (EIS) supaya vlogging sambil jalan nggak shacking.

Rekam Horizontal

Sebenarnya ini saran yang bisa kamu ikuti bisa juga tidak. Mostly orang merekam video dengan posisi horizontal. Jarang banget orang bikin konten vertikal di Youtube. Tapi kalau kamu pengen anti-mainstream hal itu patut dicoba juga. Tapi untuk awal-awal buatlah video dalam bentuk layar landscape sehingga lebih indah dan menarik.

Gunakan aplikasi edit

Nah, ini yang juga sering jadi batu sandungan orang yang pengen jadi content creator. Menyunting video sepertinya rumit. Padahal sekarang banyak aplikasi edit video baik gratis maupun berbayar di smartphone.

Kalau males edit pakai laptop, Oppo Reno 4 juga bisa banget diajak ngedit video. Karena Reno 4 sudah dilengkapi chipset Snapdragon 720G yang siap “dihajar” buat edit video. Selain chipset yang ngebut, Reno 4 juga dibekali kapasitas baterai yang dibawa juga cukup besar, yakni 4.015 mAh. Ditambah teknologi pengisian cepat Oppo VOOC 4.0 berdaya 30 Watt yang bikin baterai Reno 4 bisa terisi penuh hanya dalam waktu sekitar satu jam.

Jadi dengan smartphone Oppo Reno 4 banyak banget hal kreatif yang bisa kamu lakukan. Mau ngevlog, main game, virtual meeting, scrolling media sosial yang bisa dilakukan di Reno 4 seharian.

Oppo Reno 4 bisa kamu beli di www.eraspace.com! Eraspace memberi jaminan kemanan, garansi resmi dan pengalaman extraordinary dalam belanja online. Karena saat berbelanja kamu bisa dapet informasi produk yang kamu mau lewat diskusi dan product knowledge. Jadi kamu punya enlightment buat tau #GadgetForYou yang pas buat bikin vlog kece.

Tak ketinggalan, ada shopping option delivery yang bisa kamu pilih. Mau EraXpress, Click & Pick Up atau delivery biasa yang bisa kamu pilih. Dengan EraXpress, pesanan akan diantar secara instan karena melalui store terdekat di daerahmu.

Mau belanja online dan ambil langsung ke store Erafone? Belanja di Erafone lebih mudah dengan Click & Pick Up! Hanya dengan klik gadget yang kamu inginkan, kamu bisa langsung pick up di store Erafone terdekat.

Kamu juga bisa datang langsung ke store Erafone yang juga menerapkan protokol kesehatan. Mereka menerapkan sanitasi terhadap produk saat proses pengiriman maupun belanja langsung sehingga produk aman digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.