Sukses

Norodom Pongsoriya, Sosok Putri Kerajaan Kamboja yang Sabet Gelar Mahasiswa Berprestasi

Sosok Putri Kamboja ini menarik perhatian setelah laman Instagram resmi Kerajaan Kamboja mengunggah potretnya mengenakan toga.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya di Eropa, Asia ternyata juga menyimpan banyak sosok-sosok kerajaan yang masih jarang disorot. Salah satunya Putri Norodom Pongsoriya dari Kerajaan Kamboja. 

Sosok putri ini meningkat popularitasnya setelah potret kelulusannya diunggah laman Instagram resmi keluarga Kerajaan Kamboja. Ia pun jadi sorotan publik, khususnya di Tiongkok.

Banyak yang mulai mengulik kehidupan pribadinya. Seperti apa sih sosok perempuan kelahiran 1997 ini?

Dikutip dari AsiaOne, Senin (27/7/2020), Putri Norodom Pongsoriya merupakan keponakan dari Raja Kamboja saat ini. Ayah Pongsoriya, Norodom Chakrapong, adalah saudara tiri Raja Norodom Sihamoni yang tidak menikah dan tak memiliki anak. 

Ayah Chakrapong dan Sihamoni adalah Norodom Sihanouk, Raja Kamboja sebelumnya. Fakta menarik lainnya, ibunda Chakrapong, Sisowath Pongsanmoni, juga adalah saudara tiri Sisowath Kossamak, yang merupakan ibunda Sihanouk.

Putri Norodom Pongsoriya memiliki seorang adik laki-laki dan 11 saudara tiri. Sang ayah diketahui memiliki tujuh istri dan 13 anak. 

Sementara, nenek Pongsoriya, yakni Ibu Ratu Norodom Monineath Sihanouk, memiliki hubungan erat dengan Tiongkok sejak berpuluh-puluh tahun. Menurut South China Morning Post, perempuan berusia 84 tahun itu biasa mengunjungi Tiongkok setiap tahun dengan Raja Sihamoni. Sang raja pergi ke Beijing untuk mengecek kesehatannya dua kali setahun.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pintar dan Modis

Dengan latar tersebut, tak heran banyak yang menerjemahkan keputusan Pongsoriya menempuh studi di China sebagai keputusan politik untuk semakin mengeratkan hubungan antar-kedua negara. Sang putri diketahui baru saja meraih gelar sarjana dari China's University of International Business and Economic.

Ia mengambil jurusan Politik Internasional di kampus tersebut. Bahkan, ia menerima penghargaan sebagai mahasiswa terbaik di jurusannya pada tahun ini. Publik Tiongkok pun memujinya sebagai putri yang tak hanya cantik, tetapi juga intelek.

Meski demikian, bukan berarti Pongsoriya tak gaul. Ia memiliki selera fesyen yang baik, seperti terlihat dari gaun yang dikenakan dibalik toga yang dikenakannya. Putri Kamboja itu mengenakan gaun lace putih berkerah tinggi, dengan motif yang unik.

Di luar itu, gaya busananya tak beda jauh dari sederet selebgram. Baju-baju kasual berpotongan feminin lebih sering dikenakannya dalam keseharian. Sementara, gaya makeup-nya mengingatkan pada riasan ala Kylie Jenner, yakni pulasan lipstik matte tebal tetapi dengan bedak dan foundation yang lebih tipis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.