Sukses

Cerita Penyelamatan Katak dari Tumpukan Pisang yang Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta - Seekor katak pohon ditemukan di antara tumpukan pisang oleh staf supermarket setelah perjalanan 5.000 mil dari Kolombia ke Wales. Katak itu ditemukan di supermarket Asda di Murray Street, Llanelli, Inggris.

Makhluk itu selamat dari perjalanan panjang ke Inggris tanpa makanan atau minuman dengan memperlambat metabolisme, seperti yang baisa dilakukan oleh amfibi. Kolombia adalah pemasok pisang terbesar di Inggris, dengan ratusan ribu ton setiap tahun, seperti dilansir dari Evening Standard, Selasa, 7 Juli 2020.

Sekarang katak tersebut disematkan nama Asda, untuk menghormati penyelamatnya. Kini ia telah dipindahkan ke pusat spesialis hewan Silent World to You di Haverfordwest. Ia akan tinggal di lingkungan yang lembap dan dipercaya bahwa ia adalah katak pohon pisang.

Namun, mereka sulit untuk mengidentifikasi spesies katak itu. "Kami sangat berterima kasih kepada anggota tim Asda yang menghubungi kami," kata The Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA), Gemma Cooper, dilansir dari Metro.

Kata Cooper, katak dan amfibi lainnya dinilai sangat pandai menutup tubuhnya. Hal itu yang membuatnya mampu bertahan dalam perjalanan panjang, meski tanpa makan.

Katak ini dianggap luar biasa perjalanan panjangnya berakhir bahagia. Saat ini hewan kecil itu dalam kondisi aman dan sehat di Pembrokeshire.

2 dari 3 halaman

Kejadian Tak Biasa

Sementara itu, Ginny Spenceley dari Silent World To You mengatakan bahwa tak biasa seekor katak mencari tumpangan dalam pengiriman buah. Pusat spesialis hewan itu telah memesan jangkrik khusus untuk makanan katak.

"Untungnya, ia baik-baik saja dan cukup lucu, merasa sangat nyaman di kulit pisang ketika kami membantu menempatkannya di lingkungan barunya yang kurang dikenal," kata Spenceley.

Perempuan itu menambahkan, katak itu sangat kecil, seukuran ibu jarinya, tetapi kakinya lebih panjang. Namun, ia tak tahu apakah katak itu masih anak atau sudah dewasa. Seorang juru bicara supermarket menambahkan, pihaknya senang katak berada dalam keadaan aman dan sehat dan berharap bisa menikmati rumah barunya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: