Sukses

Staf Ratu Elizabeth II Marah Lihat Bagian Luar Istana Jadi Tempat Pipis Sembarangan

Mereka menemukan banyak tisu dan menduga orang pipis sembarangan di sekitar Istana Balmoral.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai hal yang berhubungan dengan kerajaan Inggris memang menarik minat banyak orang. Begitu juga dengan sejumlah tempat wisata kerajaan seperti Balmoral Castle atau Istana Balmoral di Aberdeenshire, Skotlandia.

Sayangnya, ada ulah sejumlah oknum yang membuat kesal para staf yang bekerja di istana milik Ratu Elizabeth II itu. Sejumlah turis buang air kecil sembarangan di luar kawasan properti istana tersebut.

Dilansir dari CNN, 29 Juni 2020, di masa pandemi ini Balmoral Castle memang masih ditutup untuk umum, tapi para pengunjung sudah dibolehkan untuk beraktivitas maupun sekadar berkeliling di luar istana tersebut.

Staf kerajaan yang bekerja di Balmoral Castle di Inggris kecewa kepada mereka yang melewati kebun istana. Mereka menemukan banyak tisu dan menduga orang pipis sembarangan di sana. 

Hal itu membuat mereka marah dan punya permintaan khusus. Mereka ingin orang-orang berhenti menggunakan daerah yang berada di luar istana untuk buang air kecil.

Di akun Twitter @balmoralcastle.com, staf kerajaan Inggris itu meluapkan kemarahannya akan lahan-lahan yang mengelilingi istana layaknya kamar mandi atau toilet umum.

"Kecewa melihat begitu banyak tisu yang dibuang di kawasan istana hari ini. Ada di sebelah jalan setapak dan monumen. Tolong diingat tidak ada toilet umum yang terbuka bermil-mil jauhnya saat ini," tulis mereka sambil mengunggah foto-foto tisu-tisu yang dibuang sembarangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Toilet Umum Ditutup

Dalam cuitan pada 28 Juni 2020 itu, staf kerajaan juga menuliskan bahwa kita melihat banyak tisu dibuang ke perdesaan. Banyak juga yang memilih buang air besar tepat di sebelah jalan atau monumen, padahal mereka bisa sedikit menjauh untuk menghindari kontaminasi.

Akibat pandemi, kamar mandi atau toilet umum memang ditutup demi keselamatan dari wabah corona Covid-19. Namun, para staf tetap berharap para turis bisa hormat dan tahu bagaimana bersikap saat bepergian.

"Kalau Anda harus buang air kecil, silahkan lakukan setidaknya 30 meter dari danau atau sungai. Jika kamu perlu buang air besar lakukan sejauh mungkin dari bangunan, aliran air dan hewan ternak. Kubur kotoran di dalam tanah atau tutup dengan rumput," tulis staf istana.

Tiap tahun, Ratu Elizabeth II dan keluarganya bisa menghabiskan waktu di Balmoral Castle untuk liburan selama beberapa pekan. Namun di saat pandemi ini, sang ratu tinggal di Istana Windsor di dekat London, Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.