Sukses

5 Makanan Asia yang Lekat dengan Jamur Enoki

Jamur enoki yang saat ini dikaitkan dengan wabah Listeria ini bisa dengan mudah ditemukan di kuliner khas Asia, terutama Asia Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Dikaitkan dengan wabah Listeria monocytogenes, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan telah memerintahkan importir untuk menarik dan memusnahkan produk jamur enoki dari Green Co Ltd asal Korea Selatan.

Sudah jadi salah satu makanan yang familiar bagi kebanyakan orang, sangat wajar bila laporan tersebut membuat jamur enoki tengah jadi perbincangan hangat.    

Sementara di barat jamur enoki dianggap eksotis, makanan satu ini bisa dengan mudah ditemukan di kuliner khas Asia, terutama Asia Timur. Mengutip laman Time, Jumat (26/6/2020), jamur enoki, sebagaimana jamur lain, umumnya digunakan sebagai side dish.

1. Ragam Sup

Karena dikenal sebagai pelengkap, jamur enoki sering kali ditemukan di berbagai sajian sup. Variannya mulai dari steamboat sampai sukiyaki yang umumnya dipadukan dengan berbagai bahan, seperti tahu maupun sayuran hijau.

Jamur enoki sering kali dijadikan sebagai penambah tekstur. Soal rasa, makanan ini lebih meresap cita rasa sup yang disajikan bersamanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Sajian Tumis

Di beberapa masakan asal China, jamur enoki acap kali dilekatkan dengan ragam sajian tumis. Salah satu yang paling umum ditemukan, baik di restoran maupun masakan rumah, adalah tumis jamur enoki saus kecap asin.

Dari sekian banyak resep, sajian tumis satu ini bisa berupa hanya jamur enoki atau ditambah bahan lain, seperti daging, bahkan sajian laut, termasuk kerang maupun udang. Lagi, teksturnya jadi andalan dalam penyajian.

3 dari 5 halaman

3. Gorengan

Di tak sedikit street food stall di Jepang dan Korea Selatan, Anda bakal menemukan jamur enoki yang disajikan dengan cara digoreng kering. Jamur enoki crispy jadi salah satu yang paling mudah didapati.

Dengan kombinasi bumbu dari tepungnya, makanan ringan ini dikenal bercita rasa gurih nan renyah dari tekstur jamur enoki. Beberapa juga ada yang membuat pancake dengan jamur enoki sebagai topping.

4 dari 5 halaman

4. Beef Roll

Kombinasi pengolahan jamur enoki bisa ditemukan di sajian beef roll. Resep ini jadi salah satu yang paling populer untuk dibuat sendiri di rumah. Tak hanya karena mudah, ragam tekstur yang ditawarkan dalam sekali gigitan membuat makanan ini jadi kegemaran tak sedikit orang.

Daging di makanan satu ini beberapa ada yang lebih dulu dipanggang maupun dibakar, sementara jamur enoki umumnya direbus sampai agak layu.

5 dari 5 halaman

5. Pelengkap Sajian Mi

Jamur enoki juga dikenal sebagai pelengkap berbagai sajian mi, mulai dari mi instan sampai ramen ala Jepang. Lagi, penambahannya merupakan upaya memperkaya tekstur dalam sebuah makanan.

Biasanya jamur enoki hanya direbus sampai sedikit layu sebelum ditambahkan ke sajian mi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.