Sukses

5 Kebiasaan yang Dilakukan Pasangan untuk Tetap Saling Menyayangi

Liputan6.com, Jakarta - Jatuh cinta memang tak selalu mudah, namun tetap menyayangi pasangan pun nyatanya tak kalah menantang. Terbiasa bersama boleh saja membuat hubungan asmara jadi tak sebergelora dulu, bahkan sama sekali hilang percikannya.

Maka dari itu, jadi esensial untuk menumbuhkan kebiasaan tertentu guna menjaga perasaan sayang masing-masing. Karena hubungan asmara memang selalu tentang usaha untuk tetap saling mendampingi.

Menurut Dr. Jim Walkup, seorang konselor pernikahan, setidaknya ada sejumlah kebiasaan yang acap kali dilakukan pasangan bahagia untuk tetap saling menyayangi. Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Yourtango, Kamis, 14 Mei 2020.

1. Luangkan Waktu Bersama

Tak sekadar berada di sisi satu sama lain, namun juga meluangkan waktu secara berkualitas sebagai pasangan. Kalian bisa nonton film bersama, makan malam spesial, atau semata berbincang tentang pemikiran masing-masing.

Kegiatan ini harus dilakukan hanya berdua saja, tanpa teman dekat maupun anak. Dari sini, Anda bisa mengenali kegundahan pasangan dan bagaimana status psikisnya sekarang. Lakukan setidaknya seminggu atau dua minggu sekali.

2 dari 6 halaman

2. Tahu Bahasa Cinta Pasangan

Menurut Gary Chapman, setidaknya ada lima bahasa cinta, yakni kata-kata pujian, perbuatan menyenangkan, menerima hadiah, menghabiskan waktu berkualitas, dan sentuhan fisik. Jadi, mengetahui bahasa cinta yang tepat untuk pasangan Anda jadi sangat penting.

Salah-salah, tindakan bermaksud menghargainya malah tak jadi spesial. Kalian bisa sama-sama melakukan tes bahasa cinta secara daring untuk menemukan yang paling tepat.

3 dari 6 halaman

3. Berkomitmen Pelukan 20 Detik 2 Kali Sehari

Sentuhan fisik, dalam kasus ini pelukan hangat, akan memberi rasa senang setalah dilakukan selama setidaknya 20 detik karena dalam periode tersebut, hormon oksitosin baru merespons.

Berdasarkan laporan Harvard Health, setiap pagi sebelum memulai aktivitas masing-masing, pelukan hangat ini sangat disarankan, pun saat selesai berkegiatan di hari tersebut. Dengan begini, rasa dipedulikan akan tumbuh di antara pasangan.

4 dari 6 halaman

4. Belajar Mendengarkan Tanpa Menyela

Ritual ini berarti Anda harus meletakan ponsel sejenak, tak sibuk dengan pikiran sendiri, serta melihatnya dengan sungguh-sunguh sebagai tanda benar hadir sepenuhnya di waktu tersebut.

Memberi giliran berbicara pada pasangan sangat penting untuk memahami situasi, mengingat pemikiran dan perasaannya pun tak kalah penting dari milik Anda. Jangan mendengakan untuk membalikkan omongan, namun memahami keadaan.

5 dari 6 halaman

5. Saling Jaga di Lingkaran yang Sama

Hanya karena bidang pekerjan atau kertertarikan kalian berbeda, jangan sampai melakukan hal yang membuat pasangan merasa jadi 'orang luar'. Tetap jaga ia di lingkaran yang sama-sama kalian anggap nyaman.

Dengan begitu, kalian tetap punya hidup sendiri tanpa mengesampngkan kepentingan bersama sebagai pasangan.

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: