Sukses

10 Bisnis yang Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Modal Kecil

Liputan6.com, Jakarta - Dampak negatif corona Covid-19 yang mengguncang dunia, membuat banyak para owner bisnis melakukan pemutusan kerja pada karyawannya. Bagi Anda yang putus kontrak kerja, jangan khawatir.

Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk bisa membangun kerajaan bisnis Anda sendiri. Anda bisa memulai dengan modal kecil, tanpa butuh stok atau karyawan yang banyak. Karena sejatinya, bisnis yang baik adalah yang memiliki proses, bukan hasil yang besar.

Dilansir dari SiapBisnis.Net, berikut bisnis modal kecil yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Membuka Jasa Menjahit

Banyak orang yang menginginkan pakaiannya dengan model dan ukuran tertentu atau mengecilkan pakaian. Mereka ini pasti selalu mencari jasa penjahit pakaian yang bisa membuat pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh mereka. Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki minat pada dunia fashion, tentunya Anda harus memiliki kemampuan dalam menjahit dan mendesain pakaian.

2. Bisnis Membuka Les Privat/Kursus

Menjual keahlian dengan cara mengajar orang lain keahlian Anda tersebut dapat menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Bila Anda memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya; keahlian bermain gitar, keahlian membuat website, desain, bahasa Inggris, komputer, dan lain-lain, Anda bisa memberikan les privat atau kursus di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain tergantung kondisi yang ada.

3. Bisnis Menjual Pulsa Elektrik

Memulai berbisnis jual pulsa sebenarnya cukup mudah dan murah, hanya dengan modal awal Rp100.000 – Rp300.000 Anda sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini, bisa dikerjakan di mana saja dan siapa saja.

Bila Anda adalah seseorang yang aktif dalam sebuah network, organisasi di mana anggotanya cukup banyak, atau anak kuliahan, maka bisnis jual pulsa bisa sangat menguntungkan karena Anda bisa menjualnya pada teman-teman yang berada di network, organisasi, dan kampus.

4. Bisnis Kuliner

Kalau Anda punya resep makanan yang unik atau bisa membuat snack yang digemari banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan bisnis ini. Usaha ini sangat cocok untuk orang yang menyukai tentang dunia kuliner. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnisnya semakin berkembang dan membuka cabang di tempat lain.

5. Bisnis Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)

Memiliki sebuah toko online saat ini sudah sangat mudah. Bisnis online shop bisa dijalankan oleh orang yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan dengan cara menjual secara online. Dan bisnis ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan cara bergabung dengan supplier atau produsen yang menawarkan sistem dropship atau reseller.

6. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)

Keunikan dari bisnis afiliasi ini adalah, Anda tidak perlu repot mengurus hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk, packing produk, dan pengiriman produk.

Anda hanya perlu mempromosikan link khusus yang didapatkan dari vendor (pemilik produk). Jika link tersebut di-klik oleh seseorang dan orang tersebut melakukan pembelian dari link affiliate milik Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.

7. Bisnis Online Dengan Membangun Blog/ Website Portal

Membangun blog/website bisa menjadi salah satu model bisnis yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Semakin banyaknya pengguna internet dan smartphone menjadi indikator bahwa media blog/ website ke depannya akan semakin banyak trafik, tentunya sesuai dengan niche blog/ website yang dibangun. Inilah yang bisa Anda jadikan peluang bisnis dengan modal kecil.

8. Menjadi Penulis Lepas

Saat ini cukup banyak freelancer yang menjalani profesi sebagai penulis lepas, baik itu menulis artikel bahasa Inggris ataupun menulis artikel bahasa Indonesia. Untuk artikel bahasa Inggris biasanya tarifnya lebih mahal daripada artikel bahasa Indonesia.

Ada beberapa tempat yang dapat dijelajahi untuk mendapatkan job dari orang yang sedang mencari penulis artikel, misalnya: Fiverr.com, Ads.id, Projects.co.id, Sribulancer.com, dan masih banyak lagi.

9. Menjual Jasa Web Developer

Ada banyak jasa yang bisa dijual secara online. Salah satunya adalah jasa membuat website/blog profesional atau yang sering disebut dengan web developer. Peluang usaha yang satu ini sangat potensial karena tidak banyak orang yang bisa membuat website profesional untuk bisnis mereka.

10. Bisnis MLM Online

Ini adalah bisnis Multi Level Marketing yang dijalankan secara online. Tidak seperti bisnis MLM konvensional yang biasanya menyita waktu dan tenaga untuk kegiatan pertemuan, follow up calon member, dan pembelian barang, semua proses itu bisa dilakukan secara online.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua MLM punya sistem yang baik, pastikan bisnis MLM online yang Anda ikuti punya produk; bukan hanya mencari downline saja dan punya sistem komisi yang bagus dan menguntungkan.

Tips Aman Belanja Online di Tengah Pandemi Covid-19