Sukses

7 Es Krim Menggugah Selera di Berbagai Negara, dari Gelato hingga Raspado

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai negara seantero dunia tentu memiliki kuliner khas wilayah setempat. Tidak terkecuali dengan camilan di sela waktu atau sering dijadikan sebagai makanan penutup atau pencuci mulut yakni es krim.

Menariknya, kudapan dingin yang menggugah selera ini disajikan berbeda-beda di beberapa negara. Perpaduan bahan-bahan menghadirkan cita rasa yang memiliki keunikan tersendiri.

Lantas, apa saja varian es krim yang tersebar di berbagai negara? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari CNN, Senin (20/4/2020), seperti di bawah ini.

1. Frozen custard, Amerika Serikat

Penyajian lembut frozen custard adalah es krim klasik Amerika Serikat, menurut Bruce Weinstein, penulis "The Ultimate Ice Cream Book," koleksi komprehensif 500 resep berbeda. Berbeda dari yogurt beku, yang dibuat dengan yogurt dan gula yang dibudidayakan, forzen custard adalah kombinasi susu, krim, gula, dan kuning telur.

Sajian ini juga biasanya memiliki pengental, kata Weinstein. Es krim tradisional Amerika kadang-kadang memiliki kuning telur, tetapi perbedaan antara frozen custard dan es krim adalah teksturnya, custard padat karena dibuat dalam mesin yang tidak memasukkan udara ke dalam bahan.

Mesin es krim, di sisi lain, mengaduk udara ke dalam resep, membuat hasil akhirnya lebih ringan dan lebih ringan dari custard. Ketika mencari frozen custard, orang Amerika biasanya memiliki pilihan antara vanilla atau cokelat. Mereka juga dapat swirl, kombinasi keduanya.

2. Gelato, Italia

Selain pasta, gelato dianggap sebagai simbol kuliner Italia. Bahkan, mengunjungi gelateria lokal adalah cara hidup bagi orang Italia. "Orang Italia berkumpul di gelateria dan bersosialisasi. Tempat nongkrong populer dan ikon budaya," kata Jeni Britton Bauer, pendiri brand es krim Jeni's Splendid Ice Creams.

Gelato Italia lebih rendah lemak daripada es krim tradisional, kata Weinstein. Gelato dibuat dengan susu murni, telur, gula, dan penyedap, cokelat, hazelnut, pistachio dan stracciatella atau es krim vanila yang dicampur dengan potongan-potongan cokelat adalah rasa yang paling disukai.

Lupakan sendok es krim standar. Di Italia, gelato disajikan menggunakan spatula yang menekan sajian dingin ke dalam cangkir atau kerucut.

 
2 dari 4 halaman

3. Raspado, Meksiko

Raspado khas Meksiko mirip seperti snow cone Amerika. Jika snow cone menggunakan sirup yang manis, raspado memakai buah asli atau jus buah segar. Makanan manis dan dingin ada di mana-mana di seluruh Meksiko dan dijual di gerobak jalanan, kata Lillian Aviles, pakar budaya Meksiko yang berbasis di Mexico City.

"Gerobak ini menjual berbagai rasa berbasis buah seperti asam, jeruk nipis, nanas, jeruk dan mangga. Ada juga rasa non-buah yang tersedia seperti vanilla dan rompope, yang mirip dengan eggnog," katanya.

Di banyak pasar Meksiko, kata Aviles, penjual membuat campuran raspado dan milkshake yang disebut "eskimo" menggunakan susu, susu kental, buah musiman segar, gula, vanila, dan es serut.

4. Crème Glace, Prancis

Sajian ini terlihat seperti gelato dan memiliki tekstur serupa. Tetapi crème glace atau es krim Prancis lebih kaya daripada gelato kata Weinstein.

"Glace adalah persilangan yang bagus antara frozen custard Amerika dan gelato dan hampir selalu dibuat menggunakan krim dan telur. Salted caramel tentunya rasa yang paling ikonik," ungkap Weinstein.

Menurut sejarah kuliner, restoran Paris yang masih beroperasi Le Procope, yang dibuka seorang imigran Italia pada akhir abad ke-17, memperkenalkan es krim ke Prancis. Meskipun tempat legendaris ini masih menyajikan glaces, sekarang lebih dikenal dengan hidangan gurihnya.

 
3 dari 4 halaman

5. Kakigori, Jepang

Meski terbuat dari es, tetapi kakigori, es krim versi Jepang bukan seperti snow cone. "Kakigori asli menggunakan es serut yang sangat halus dan meleleh di mulut Anda seperti es krim," kata Sakura Yagi, COO dari TIC Restaurant Group, koleksi restoran Jepang di Manhattan East Village termasuk Cha An Tea House, yang menyajikan kakigori buatan rumah.

Koki pastry membuat kakigori dengan menyerut es dari balok es sampai terbentuk menjadi tumpukan berbulu. Mereka kemudian menambahkan sirup ke es, biasanya dibuat dengan tangan dengan bahan-bahan berkualitas, dalam rasa seperti teh hijau, stroberi, anggur dan melon.

Kakigori kadang-kadang juga ditambahkan susu kental atau evaporated milk dan hampir selalu disajikan dalam mangkuk.

Yagi menambahkan bahwa bukan hal yang aneh untuk menemukan toko-toko manis di seluruh Jepang yang menawarkan topping sebagai sentuhan akhir, biasanya pasta kacang merah atau buah segar.

6. Dondurma, Turki

Es krim yang tidak meleleh? Itulah tepatnya dondurma atau es krim Turki. Penduduk setempat juga menyebutnya Maras dondurma, setelah kota di wilayah Mediterania Turki.

Karen Fedorko Sefer, pendiri travel company Sea Song Tours dan penduduk Istanbul, mengatakan bahwa dondurma memiliki tekstur elastis dan dibuat dengan susu kambing, gula, dan salap, yang merupakan bubur dari anggrek ungu.

Sering juga ditambahkan damar wangi atau resin rasa pinus yang diekstraksi dari pohon damar wangi. "Membeli dondurma seperti menonton pertunjukan," kata Fedorko.

"Orang-orang yang menjualnya memakai pakaian tradisional Turki (aba) dan topi sultan dan meregangkan, memelintir dan memutar es krim hingga jatuh ke kerucut. Anak-anak dan orang dewasa mendapatkan kesempatan untuk keluar dari pertunjukan," tambahnya.

Orang Turki membeli dondurma dari gerobak jalanan atau di pasar. "Sebenarnya tidak ada toko," kata Fedorko Sefer.

7. Kulfi, India

Kulfi, es krim tradisional India, berasal dari abad ke-16 dan mungkin salah satu makanan penutup beku terkaya di dunia, kata Camellia Panjabi, penulis makanan India yang terkenal. Mengingat bahan utamanya adalah susu evaporasi manis.

"Dalam membuat kulfi, Anda merebus susu, yang mengkaramelasikannya, dan hasil akhirnya adalah es krim yang sangat lezat. Setelah Anda merebusnya, Anda juga bisa menambahkan rasa seperti saffron threads, pistachio yang dihancurkan atau almond yang dihancurkan," kata Panjabi.

Di toko-toko kulfi di seluruh India dan kios kulfi berdiri di Pantai Chowpatty Mumbai, bersama dengan restoran India di seluruh dunia, bukan hal yang aneh menemukan jeruk, pisang, cokelat, mangga, dan berry kulfis musiman.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki