Sukses

Cegah Corona Covid-19 dengan Makanan yang Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Asupan makanan penuh nutrisi sangat disarankan untuk mencegah corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sepanjang Maret ini Indonesia heboh soal pendemi corona Covid-19. Bagaimana tidak, selain menerjang kesehatan, wabah ini juga menerjang sektor ekonomi dan digital, usaha kecil hingga memaksa banyak orang mudik lebih awal.

Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona salah satunya adalah dengan melakukan social distancing. Supaya mengoptimalkan pencegahan terinfeksi corona, tidak hanya upaya dari luar yang perlu dilakukan, dari dalam juga.

Salah satu caranya adalah mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kerja sistem imunitas tubuh tergantung pada pola hidup yang dilakukan. Karena itu, asupan makanan penuh nutrisi sangat disarankan. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk membuat kerja imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik dan memiliki kerja yang optimal.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi jenis makanan penunjang kekebalan tubuh yang gampang ditemukan, baik di pasar atau di supermarket.

Biji Bunga Matahari dan Almond

Biji bunga matahari dan almond memiliki kandungan vitamin E yang memiliki peran meningkatkan kekebalan tubuh. Bahasa mudahnya, vitamin ini akan mendukung kerja sistem kekebalan tubuh untuk menangkal bakteri dan virus. Dalam satu ons biji bunga matahari akan memberikan setengah kebutuhan harian vitamin E manusia.

Sementara satu ons biji almond memberikan 45 persen target harian. Supaya tidak bosan, biji bunga matahari dan almond ini bisa dikreasikan dengan bahan lain. Misalnya saja dijadikan smoothies, topping kue, dan lain-lain. Rasanya enak dan menyehatkan.

Bawang Putih

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bawang putih sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Bawang putih atau ekstraknya sudah terbukti meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh.

Salah satu penelitiannya adalah yang diunggah di PubMed.gov, yang di dalamnya melakukan penelitian dengan 146 sukarelawan secara acak. Dalam 12 minggu sepanjang musim dingin, orang-orang yang diberi bawang putih secara teratur tidak terlalu terserang flu.

Jika terkena infeksi mereka akan pulih dengan lebih cepat. Banyak penelitian lainnya yang menggunakan bawang putih sebagai bahan utamanya.

Jenis Buah-buahan Citrus

Tidak boleh dilewatkan adalah jenis buah-buahan sitrus. Sudah menjadi rahasia umum jika jenis buah-buahan ini berperan bagus untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin C ini akan bertindak sebagai antioksidan yang bantu melawan radikal bebas.

Jenis-jenis buah citrus ini antara lain jeruk, lemon, jeruk nipis, keprok, dan lain-lain. Jika kurang suka dengan buah sitrus, bisa tambahkan jenis sumber vitamin C lainnya. Misalnya saja buah kiwi, paprika merah dan hijau, stroberi, dan lain-lain.

Kunyit

Curcumin yang terdapat di dalam kunyit bertugas sebagai anti-inflamasi yang cukup kuat. Juga telah terbukti meningkatkan aktivasi sel kekebalan tubuh dan respon antibodi.

Supaya mendapatkan hasil yang optimal, gabungkan kunyit dan lada hitam yang akan membentuk bioavailabilitas curcumin. Sudah banyak makanan Indonesia yang menggabungkan kedua bahan ini, bisa sesekali dicoba ya.

Buah Pome atau Delima

Buah delima atau yang juga disebut dengan pome turut menjadi pilihan makanan untuk tingkatkan kekebalan tubuh. Terdapat kandungan flavonoid yang sangat tinggi di dalamnya yang sudah terbukti melawan virus serta menurunkan durasi flu sampai 40 persen. Jadi, jangan segan untuk konsumsi jus pome atau mencampurkannya ke dalam smoothies.

Ikan dengan Kandungan Omega-3

Ada beberapa ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi di dalamnya. Sebut saja salmon, tuna, dan lain-lain. Berdasarkan penelitian yang diunggah di BMJ Journals, konsumsi bahan makanan dengan kandungan asam lemak omega tiga yang tinggi secara teratur menurunkan risiko terkena rheumatoid arthritis, yakni suatu kondisi autoimun kronis yang terjadi saat kekebalan tubuh secara keliru menyerang bagian sel tubuh yang sehat.

Apakah sudah memasukkan salah satu makanan di atas sebagai konsumsi harian? Jika belum, segera konsumsi berbagai jenisnya. Kalau tidak bisa mengonsumsi secara langsung atau mentah, bisa dipadukan dengan bahan lainnya.

Sayuran Hijau

Sudah dari dahulu para dokter menyarankan orang-orang untuk rutin konsumsi sayuran hijau. Berbagai jenis sayuran hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, ini merupakan kunci untuk membantu fungsi imunitas tubuh.

Ditambah lagi bahan lainnya seperti asam folat, vitamin A dan C. Satu lagi yang tidak boleh dihiraukan begitu saja, yakni kandungan bioactive compound yang mengoptimalkan imunitas di dalam usus. Tumis sayuran bersama dengan bahan penuh nutrisi lainnya seperti halnya bawang putih, kunyit, dan juga lada.

Sementara sayuran hijaunya beragam jenis, mulai dari bayam, kangkung, brokoli, dan masih banyak lagi lainnya. Pilih mana yang bisa masuk ke perut karena tidak semua orang suka dengan sayur-sayuran. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini