Sukses

Cerita Viral Influencer yang Palsukan Liburan ke Bali

Bukan iseng semata, ada maksud di balik pemalsuan liburan ke Bali oleh seorang influencer bernama Natalia Taylor.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Natalia Taylor, influencer asal California, Amerika Serikat yang belum lama ini ceritanya viral di media sosial, lantaran diketahui memalsukan liburan ke Bali. Bukan orang lain, fakta ini diungkap sendiri oleh perempuan 23 tahun tersebut lewat sebuah video di akun YouTube-nya.

"Sudah banyak sekali influncer yang tertangkap basah bohong mengklaim tengah pelesiran. Mulai dari mengedit foto atau membagikan gambar yang nyatanya bukan milik mereka," ucanya dalam rekam gambar tersebut.

Dari kasus-kasus tersebut, sang influencer bermaksud mengetes pengikutnya di media sosial dan membuktikan apakah mereka berhasil menyadari Natalia tengah memalsukan sebuah liburan.

Ia kemudian mengunggah sebuah potret menunjukkan dirinya berendam di bathtub, sebelum menikmati bermalam di kamar hotel dan memesan layanan kamar, lengkap dengan Bali sebagai tag lokasi.

Padahal, foto yang dimaksud diambil di IKEA berlokasi di kota tempatnya tinggal. Eksperimen ini diperkuat dengan sebelumnya mengunggah beberapa foto menunjukkan situasi Bali di Instagram Story guna meyakinkan timeline liburan palsu.

"Saya harus mengakui bahwa berdandan selayaknya liburan dan masuk ke IKEA untuk menjalani photoshoot terasa sedikit aneh. Apalagi, banyak orang melihat dan saya takut ditegur pekerja IKEA," ucapnya.

Kendati demikian, sebenarnya Natalia meminta fotografernya, Ally, untuk sengaja meninggalkan beberapa tag IKEA. "Bila kalian memerhatikan dengan seksama, kalian pasti melihatnya (tag IKEA)," imbuhnya.

Liburan palsu ini sengaja dilakukan sang influencer sebagai bagian eksperimen bagaimana orang-orang bisa dengan mudahnya tertipu dengan konten di dunia maya.

Saksikan Video Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak yang Tak Menyadari

Natalia mengakui bahwa ia merasa bersalah pada pengikutnya, terlebih ketika sebagian besar dari mereka tak menyadari trik tersebut.

"Saya memegang kepercayaan tinggi dari pengikut saya dan mengunggah foto pertama benar-benar membuat saya cemas," akunya. Ia menambahkan, mayoritas percaya sang influencer benar-benar sedang liburan di Bali, walau ada tag IKEA di foto kedua, lengkap dengan iPad IKEA.

Natalia mengaku tak percaya bisa lolos dengan kebohongan yang dipersiapkan sedemikian rupa. "Video ini sengaja saya buat supaya orang tidak percaya begitu saja dengan semua hal yang mereka lihat di internet," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.