Sukses

Ketahui Sebelum Membeli, Intip Tips Memilih Seafood ala Reisa Broto Asmoro

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah beragam kegiatan, dokter Reisa Broto Asmoro ternyata suka membeli sendiri bahan-bahan makanan untuk keluarganya. Ia juga tak jarang berbagi tips dan trik soal belanja buah hingga seafood.

Reisa Broto Asmoro membagikan kiat memilih seafood melalui akun Instagram pribadi, beberapa waktu lalu. Dalam potret, ia memakai kemeja putih, celana panjang abu-abu bermotif stripes, flat shoes, dan sling bag hitam sembari membawa keranjang belanjaan.

Pada kolom keterangan, ibu dua anak ini menyebutkan kualitas harus jadi perhatian utama saat memilih seafood. Mengingat produk-produk seafood seperti ikan dan kerang, terkadang ada yang langsung dibekukan beberapa jam setelah ditangkap, namun bisa sampai beberapa hari baru dijual ke pasar atau supermarket.

"Pertama tentunya pastikan untuk beli seafood dari pasar/ supermarket yang terpercaya. Trus pilih produk seafood yang ditempatkan dalam pendingin atau dibekukan dengan baik." tulis Reisa pada unggahan 11 Januari 2020.

Ia melanjutkan, jika ingin membeli ikan air tawar, lebih baik pilih yang masih hidup. Setelah selesai belanja untuk tidak lupa segera memasukkan ke dalam lemari pendingin secepatnya dan diolah atau konsumsi tidak lebih dari tiga hari usai membeli.

Selain itu, Reisa juga membagikan langkah-langkah pemilihan seafood yang dimulai dari mengenali baunya. "Ikan yang segar tidak berbau tajam, emang bau amis tapi tidak menusuk, karena ikan yg mulai busuk bisa ditandai dengan bau seperti amonia atau bau amis yang berlebihan." lanjutnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kulit, Badan, dan Mata

Lalu dilanjutkan dengan melihat warnanya. Ia menulis, jika masih segar, sisik ikan melekat erat pada kulit dan tampak cerah, memantulkan cahaya, serta berwarna metalik.

"Insang dari ikan segar harus tampak merah atau merah muda. Nah kalau milih seafood lain kyk udang, kepiting, lobster pilih yg segar dengan warna terang pada buntutnya tanpa adanya warna yang memudar. Kalau memilih tiram segar, cari yang berwarna krem alami dengan cairan bening di dalamnya." ungkapnya.

Langkah selanjutnya dituliskan Reisa Broto Asmoro adalah dengan mengecek kepadatan seafood. Ikan yang masih segar ditandai dengan daging yang tidak lembek atau berubah bentuk ketika ditekan dengan jari.

"Daging ikan juga tidak terlepas dari tulang. Buntutnya tampak kaku dengan daging yang padat." jelas Reisa.

Kemudian tak ketinggalan untuk memperhatikan tampilan keseluruhan. Mata ikan segar akan menggembung jelas atau tidak keruh, dan tampak mengkilap.

"Kalau tiram, remis dan kerang, jangan pilih yang cangkangnya rusak atau retak. Kalau belinya dalam keadaan hidup, coba ketuk cangkang, kalau tidak menutup saat diketuk, jangan dipilih. Trus untuk kepiting dan lobster sebaiknya juga polih yang masih hidup dan melakukan gerakan kaki. Semoga bermanfaat," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.