Sukses

Peduli Bencana Kebakaran Besar Australia, 6 Pesohor Dunia Berbagi Donasi

Kebakaran besar di Australia diyakini telah membunuh lebih dari setengah juta hewan, khususnya koala dan kangguru.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran luar biasa yang melanda Australia yang sudah terjadi sejak akhir September 2019 menimbulkan kerugian yang besar. Ribuan orang terpaksa mengungsi, puluhan petugas meninggal dunia, udara terpolusi berat, hingga ratusan ribu hewan mati terbakar.

Kejadian itu mengundang simpati para pesohor dunia. Dengan sumber daya yang ada, mereka berusaha membantu. Dilansir dari Pagesix.com, Rabu, 8 Januari 2020, berikut enam selebriti yang berdonasi untuk kebakaran di Australia.

1. Selena Gomez

Kunjungan Selena yang terbilang sering ke Australia membuatnya merasa dekat dengan Negeri Kangguru tersebut. Ia pun turut berduka dengan bencana yang menimpa negeri itu. Lewat akun Twitter pribadinya, @selenagomez membuat cuitan yang mengajak pengikut akunnya berdonasi untuk Australia.

Cuitan yang diunggah pada Sabtu, 4 Januari 2020, tersebut mendapat hampir 150 ribu respons. Donasi yang dikumpulkan penyanyi kelahiran 22 Juli 1992 tersebut mencapai 3 juta dolar Australia atau setara dengan Rp28 miliar.

2. Chris Hemsworth

Aktor yang terkenal dengan perannya sebagai Thor dalam film-film Marvel Studios, Chris Hemsworth juga turut berdonasi untuk tempat kelahirannya. Chris Hemsworth menyumbang 1 juta dolar Australia atau sekitar Rp9,5 miliar.

Lewat akun Instagram pribadinya, @chrishemsworth juga mengajak semua orang untuk membantu meringankan bencana yang memusnahkan hampir 50 persen populasi koala itu. Video ajakan yang diunggah Selasa, 7 Januari 2020, Chris juga menambahkan uang tersebut ditujukan untuk para pemadam kebakaran di sana yang telah bekerja keras serta organisasi dan badan amal yang telah memberikan dukungan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bindi Irwin

Bindi Irwin menurunkan sifat pecinta satwa dari sang ayah. Kebakaran besar yang melanda Australia jadi satu hal yang menghancurkan hatinya. Hal ini ia sebutkan pada unggahan di akun Instagram pribadinya, @bindisueirwin. "Dengan begitu banyak kebakaran hebat di Australia, hati saya hancur bagi orang-orang dan margasatwa yang telah kehilangan begitu banyak," ujar Bindi pada caption foto yang diunggah Jumat, 3 Januari 2020.

Bindi turun langsung untuk merawat hewan-hewan di sana, ia juga melaporkan kondisi di lokasinya aman, tidak ada kebakaran. Namun, Bindi juga mengatakan Rumah Sakit Margasatwa yang dibangun ayahnya menerima jumlah pasien fantastis. Hewan korban kebakaran yang dirawat di Rumah Sakit mencapai sekitar 90.000 pasien.

4. Nicole Kidman

Nicole Kidman yang merupakan warga asli Australia juga tak diam saja atas kebakaran yang melanda kampung halaman mereka. Aktris kelahiran 20 Juni 1967 tersebut mendonasikan 500.000 dolar AS atau setara dengan Rp6 miliar atas nama keluarganya kepada Rural Fire Service.

3 dari 3 halaman

5. Kylie Jenner

Meski sempat diserang warganet di Twitter karena memposting sandal bulu dari Louis Vuitton Kylie Jenner, Kylie menyumbang 1 juta poundsterling atau Rp19 miliar kepada organisasi-organisasi bantuan di Australia.

Kakak tiri Jenner, Khloé Kardashian tak tinggal diam tentang cuitan warganet di Twitter, pada Senin, 6 Januari 2020 ia membalas cuitan warganet yang telah dihapus tersebut. "tidak ada yang membuat saya lebih panas daripada melihat orang berpikir mereka tahu apa yang kami sumbangkan dan berpikir kami harus mempublikasikan semuanya." ujarnya.

6. Kylie Minogue 

Penulis lagu sekaligus aktris asal Australia Kylie Ann Minogue juga turut menyumbang atas kebakaran besar di negeri asalnya. Hal ini ia tuliskan dalam caption foto yang ia unggah di akun Instagram pribadinya, @kylieminogue.

Foto yang diunggahnya pada Senin, 6 Januari 2020 tersebut Kylie mengungkapkan kesedihannya. "Tahun lalu saya memiliki kesempatan luar biasa untuk mengunjungi beberapa tempat indah di tanah air saya untuk pertama kalinya. Kembali ke rumah untuk kehancuran itu memilukan," ujarnya.

Dalam foto tersebut Kylie berdiri di padang rumput mengenakan kaos hitam dan kemeja biru muda tanpa dikancing, ia juga menjelaskan telah menyumbang 500.000 US dolar atau setara dengan Rp6 miliar.

"Sebagai sebuah keluarga, kami telah menyumbangkan 500.000 US dolar untuk upaya pemadaman kebakaran segera dan dukungan berkelanjutan yang akan diperlukan. Besar atau kecil, dari dekat atau jauh, dukungan apa pun akan membantu mereka yang terkena dampak kebakaran hutan yang dahsyat," sambungnya. (Adhita Diansyavira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.