Sukses

Trik Berbusana di Udara Dingin Hindari Serangan Jantung, Penyakit Diduga Jadi Sebab Lina Mantan Istri Sule Meninggal

Suhu makin dingin ternyata meningkatkan risiko serangan jantung, penyakit disebut renggut nyawa Lina, mantan istri komedian Sule.

Liputan6.com, Jakarta - Serangan jantung nyaring disuarakan sebagai penyebab meninggal dunia Lina, mantan istri komedian Sule, Sabtu dini hari (4/1/2020). Penyakit ini sendiri meningkat risikonya seiring temperatur yang merosot dan membuat udara kian dingin.

Melansir dari laman kesehatan University of Harvard, Sabtu (4/1/2020), Kardiolog Harvard-affiliated Massachusetts General Hospital dr. Randall Zusman menerangkan, udara dingin mengurangi suplai oksigen ke bagian otot jantung.

Karenanya, secara otomatis, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Dari beberapa cara menghindari risiko serangan jantung di udara dingin, berbusana merupakan faktor yang ternyata harus diperhatikan.

"Jangan pergi keluar (saat udara dingin) tanpa mengenakan pakaian yang memastikan tubuh tetap hangat. Kalau perlu pakai topi dan, bila memang sebegitu ekstrem, bisa juga gunakan sarung tangan," kata dr. Randall.

Kendati, harus juga diperhatikan jangan sampai mengalami overheating. Saat kegerahan, tubuh akan mengeluarkan panas. Terlalu banyak mengenakan pakaian hangat akan mencegah keluarnya udara panas tersebut dan membuat tekanan darah drop.

Kondisi ini bisa berujung pada risiko terkena serangan jantung. "Bila sudah mulai berkeringat, lepas satu layer pakaian sampai merasa normal kembali. Bisa dipakai kalau merasa dingin kembali. Jadi, disesuaikan saja. Senyamannya tubuh," imbuhnya. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trik Lain Hindari Serangan Jantung di Udara Dingin

Flu jadi salah satu penyakit yang lekat dengan udara dingin. Mengidap gangguan in bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung, terutama bagi mereka yang memang sudah punya riwayat kelainan jantung.

Cegah terserang flu dengan mencuci tangan menggunakan sabun di aiir mengalir sesering mungkin. Juga, usahakan konsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup untuk tetap terhidrasi demi terhindar dari flu.

Juga, disarankan untuk tak melakukan terlalu banyak aktivitas luar ruang dan terpapar udara dingn, terutama bagi pasien penderita penyakit jantung. Menjaga tubuh tetap hangat adalah salah satu kunci memperkecil risiko serangan jantung saat udara dingin.

Di samping, menjaga pola dan asupan makanan, istirahat cukup, serta berusaha tetap melakukan aktivitas fisik sesuai kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.