Sukses

Hari Konservasi Satwa Liar Sedunia, Putri Marino Ajak Publik Selamatkan Pari Manta

Liputan6.com, Jakarta - Putri Marino salah satu selebritas yang memiliki hobi menyelam. Bagi Putri, setiap penyelam tentu mengagumi pari manta, jenis ikan yang unik dan kharismatik ini.

"Ukurannya yang besar dan warna kulitnya yang gelap, membuat pari manta sering dijuluki hantu laut," tulis Putri Marino dalam akun Instagram pribadinya, Rabu, 4 Desember 2019.

Ia menjelaskan, pari manta adalah salah satu satwa laut yang memangsa plankton dengan cara menyaring air laut (filter feeder). Dalam satu jam, pari manta mampu menyaring 90 ribu liter air laut, dan menyerap plankton dan apapun yang ada dalam air, termasuk mikroplastik.

"Mikroplastik berasal dari dari serat pakaian buatan, atau potongan plastik lebih besar yang secara bertahap pecah menjadi potongan-potongan kecil saat dibuang," jelas istri Chicco Jerikho ini.

Menurut Putri, mikroplastik yang mengontaminasi laut sangat berbahaya bila terkonsumsi oleh satwa laut, karena plastik tidak dapat dicerna dan akan memenuhi rongga perut ikan.

"Karena itu penting bagi kita untuk mencegah plastik masuk ke laut. Mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang, kita jangan memakai plastik sekali pakai, seperti sedotan plastik dan kantong plastik saat berbelanja. Bantu sebarkan mengenai aksi ini. Bersama kita bisa melindungi pari manta," ajak Putri Marino.

2 dari 3 halaman

Hari Konservasi Satwa Liar Sedunia

Ajakan Putri Marino itu terkait dengan Hari Konservasi Satwa Liar Sedunia yang jatuh setiap 4 Desember. Ajakan Putri tentang tak menggunakan penggunaan plastik sekali pakai mendapat tanggapan dari seorang warganet.

"I am not judging; Correct me if i am wrong, as i watched on your IG stories, you still use single-use plastics. Plastic straw is one of them 😊(Saya tak menghakimi; Koreksi saya jika saya salah, karena saya menonton di cerita IG Anda, Anda masih menggunakan plastik sekali pakai. Sedotan plastik salah satunya 😊)," tanya @carol_rahim.

"@carol_rahim saya juga masih berproses sama seperti yang lain..pelan-pelan tapi pasti 👌🏽," jawab Putri.

Meski begitu, sejumlah warganet menanggapi positif ajakan Putri Marino. Mereka setuju untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai.

"Sampahnya berserakan kurangi plastik," komentar @yuliatifatimah123.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Asyik Putri Marino Mengurus Sang Putri
Artikel Selanjutnya
Tips Zumba untuk Pemula dari Putri Marino