Sukses

Awas, Cek Gawai Tiap Bangun Tidur Bisa Picu Gangguan Mental

Liputan6.com, Jakarta - Anda termasuk orang yang selalu mengecek ponsel atau gawai tiap bangun tidur? Dulu, rutinitas bangun tidur di pagi hari biasanya dimulai dengan mencuci muka, mandi, sampai sarapan.

Saat ini, urutan kebiasaan itu mungkin banyak berubah. Terutama di urutan pertama. Banyak orang yang rutinitas awalnya setelah bangun tidur adalah membuka gawai, setelah itu baru melakukan kegiatan lainnya.

Buat Anda yang suka mengawali hari dengan menggenggam gawai sebaiknya segera ubah atau tinggalkan kebiasaan tersebut. Dilansir dari Business Insider, kebiasaan tersebut bisa berdampak negatif dengan merusak rutinitas harian dan juga mood Anda.

Selama tiga tahun terakhir, sejumlah peneliti telah mempelajari bagaimana teknologi sudah mengeksploitasi kelemahan pikiran sehingga kita terus merasa ingin tetap online.

Menurut beberapa peneliti, desainer teknologi bisa secara magis mengubah orang-orang dengan mempengaruhi tanpa mereka sadari. Salah satunya adalah timbulnya sindrom FOMO atau fear of missing out, atau rasa takut tertinggal berita atau informasi di media sosial.

Jadi, saat kita bangun di pagi hari dan mengambil gawai untuk melihat daftar notifikasi, itu membuat kita jadi rutin setiap bangun pagi untuk melihat apa yang kita lewatkan.

2 dari 3 halaman

Rasa Cemas Lebih Tinggi

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kebiasaan melihat notifikasi ponsel ketika bangun tidur bisa memicu stres. Mereka juga melakukan survei terhadap 2000 pekerja di Inggris untuk membuktikan hal tersebut.

Mereka menemukan fakta para pekerja yang punya kebiasaan melihat notifikasi setelah bangun tidur berkaitan dengan perasaan cemas yang lebih tinggi.

Dalam analisis lain di University of British Columbia, mereka melakukan penelitian terhadap 124 mahasiswa dan profesor yang selalu melihat gawai saat pertama kali bangun tidur.

Selama satu minggu, mereka yang menjalankan kebiasaan tersebut cenderung lebih stress dan tertekan. Sejumlah peneliti menyarankan agar kita lebih fokus pada aktivitas lain daripada gawai, ketika bangun tidur.

Ada banyak kebiasaan lain yang lebih bermanfaat dan menyehatkan. Misalnya dengan berolahraga atau menyeduh secangkir teh atau kopi hangat di pagi hari sebelum membuka gawai.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mudah, Begini 6 Cara Mengatasi Perasaan Insecure
Artikel Selanjutnya
5 Hal Sederhana yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental di 2020