Sukses

HEADLINE HARI INI:ELITE PARPOL DI PELANTIKAN PRESIDEN 2019, TAK SEKADAR MENYEJUKKAN TAPI MEREKATKAN

4 Cara Alami Menghilangkan Double Chin yang Ganggu Penampilan

Liputan6.com, Jakarta - Double chin kerap dimiliki oleh banyak orang dan keberadaannya ini terkadang dapat mengganggu penampilan. Salah satu faktor munculnya dagu berlipat ini adalah kenaikan berat badan karena lemak menumpuk di bawah dagu.

Selain kenaikan berat badan, faktor lain seperti genetik dan usia yang membuat elastisitas kulit menurun juga menjadi penyebab munculnya double chin. Meskipun tidak merugikan secara kesehatan, tapi hal ini bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Saat ini, banyak produk dan prosedur kecantikan seperti alat pijat dagu dan perawatan yang mengklaim bahwa mereka bisa menghilangkan double chin. Tapi, Anda juga bisa memulai dari diri sendiri melalui beberapa cara yang alami.

Liputan6.com merangkum empat cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lemak-lemak di bawah dagu tersebut, dilansir dari Health Line, 6 September 2019.

1. Mengadahkan Kepala

Hal ini bertujuan untuk mengencangkan bagian dagu sehingga double chin dapat berkurang. Caranya, tadahkan kepala ke atas kemudian regangkan dagu Anda hingga bagian bawah dagu terasa ditarik.

Anda juga bisa mengerucutkan bibir Anda seperti ingin mencium untuk memudahkan peregangan. Lakukan hal tersebut sampai 10 detik, lalu lemaskan dan kembalikan kepala Anda ke posisi semula. Ulangi gerakan ini selama 10 hingga 15 kali.

2 dari 3 halaman

2. Julurkan Lidah

Tujuan dari cara ini adalah untuk mengencangkan bagian lemak di dagu sehingga bisa menjadi otot. Anda perlu untuk menjulurkan lidah Anda sejauh yang Anda bisa. Setelah itu, arahkan lidah Anda ke atas mengarah ke hidung. Tahan selama 10 detik kemudian kembalikan ke posisi semula. Ulangi gerakan ini selama 10 hingga 15 kali.

3. Pijat Bola

Cara ini prinsipnya sama dengan alat pijat yang banyak dijual di pasaran. Bedanya, Anda tidak perlu membeli produk tersebut dan hanya menggunakan bola berdiameter kurang lebih 20 cm. Letakkan bola tersebut di bawah dagu, kemudian tekan dagu Anda ke bola tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghancurkan gumpalan lemak di bawah dagu. Ulangi langkah ini sebanyak 25 kali dan dianjurkan untuk melakukannya setiap hari.

4. Memperhatikan Kandungan Makanan

Hal ini bisa dilakukan jika penyebab utama munculnya double chin Anda karena kenaikan berat badan. Menjaga pola serta memperhatikan kandungan makanan bisa mengecilkan bahkan menghilangkan lipatan dagu ini. Jika ingin menurunkan berat badan sekaligus double chin, disarankan untuk banyak makan sayuran dan buah, hindari makan gorengan dan makanan cepat saji lainnya, kurangi makanan yang mengandung gula serta makan makanan berprotein seperti bebek atau ikan.

(Novi Thedora)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading